Peristiwa Nasional

Moeldoko Ingatkan Satpol PP Kedepankan Empati Saat Tegakkan Prokes di Masyarakat

Kamis, 22 Juli 2021 - 18:10 | 50.93k
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta. (FOTO: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta. (FOTO: KSP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta seluruh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar mengedepankan empati dalam menegakkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di tengah masyarakat.

Moeldoko mengatakan itu dalam rapat koordinasi bertajuk "Inspirasi Komunikasi Publik Untuk Penguatan Satpol PP dalam Penegakan Protokol Kesehatan dan Percepatan Pemberian Vaksin Bagi Masyarakat", di Jakarta, Kamis, sebagaimana keterangan pers yang diterima, Kamis (22/7/2021).

"Saat ini aktor utama dalam penegakan protokol kesehatan adalah Satpol PP. Maka berikutnya Satpol PP semestinya berdiri paling depan, baru dibantu oleh TNI dan Kepolisian. Rapatkan barisan, karena Anda adalah aktor utama dalam menegakkan prokes saat ini," ujar Moeldoko.

Dia meminta seluruh jajaran Satpol PP untuk bekerja dengan empati dan hati agar mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari masyarakat.

Kata Moeldoko, negara saat ini sangat berharap banyak pada jajaran Satpol PP untuk menegakkan prokes. Namun, Moeldoko juga mengaku pihaknya tidak menutup mata dan telinga bahwa terdapat tindakan kekerasan dari Satpol PP di lapangan.

"Pemimpin harus bisa mengendalikan dan mengenali prajurit-nya satu per satu. Tugas pemimpin adalah bisa mengendalikan dengan baik. Memimpin dengan empati dan hati. Memimpin tanpa kekerasan yang tidak perlu," ujar Moeldoko.

Lebih lanjut,Moeldoko juga bercerita soal pengalamannya berhubungan dengan jajaran Satpol PP saat bertugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0501 Jakarta Pusat. Ia mengaku banyak terbantu dengan kerja sama antara Kodim dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta.

"Dulu sewaktu saya masih menjadi Dandim Jakarta Pusat, saya merasakan betul saat bekerja sama dengan jajaran Satpol PP. Saya tahu betul dengan tugas dan suka duka anda semua. Jadi anda tidak cerita pun, saya sudah sangat mengenal dan tahu," ucapnya.

Ia mengaku, berdasarkan pengalamannya selaku panglima, ia selalu memimpin dengan empati dan hati. Ia yakin melalui pendekatan seperti itu, maka akan selalu melahirkan kebajikan baru dan loyalitas dari semua pihak.

Untuk itu, Moeldoko meminta Satpol PP mengedepankan empati saat menehakkan Prokes Covid-19 di tengah masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES