Pendidikan

Ingin Lolos Beasiswa LPDP? Begini Caranya...

Kamis, 22 Juli 2021 - 17:58 | 122.27k
Webinar LPDP gandeng Unesa untuk bahas kiat sukses LPDP (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia )
Webinar LPDP gandeng Unesa untuk bahas kiat sukses LPDP (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia )

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah lembaga pengelola dana pendidikan adalah satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan khusus atau beasiswa untuk studi lanjut. 

LPDP berkolaborasi dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk menggiatkan agar mahasiswa-mahasiswa di Unesa agar tertarik mengikuti beasiswa tersebut, karena lembaga ini menawarkan kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan full dibiayai oleh negara baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Webinar LPDP 2Ir. Dwi Larso M,SIE.,Ph.D. selaku Direktur LPDP (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

Kolaborasi LPDP dan Unesa tersebut digelar berbentuk Webinar dengan dua narasumber yang sangat kompeten untuk membahas LPDP yaitu Ir. Dwi Larso M,SIE.,Ph.D selaku Direktur LPDP. dan Putra A.R Yamin ., S.T., Msc selaku Alumni Awardee LPDP untuk membahas kiat-kiat agar dapat mengikuti LPDP pada Kamis, (22/7/2021).

Dijelaskan oleh Dwi Larso bahwa LPDP bahwa lembaga ini memfasilitasi bagi putra-putri bangsa berjiwa pemimpin agar mencetak pemimpin yang jujur dimasa mendatang.

"Lebih kepada mencetak intelektual atau profesional atau entrepreneur yang berintegritas ini yang selalu saya ingatkan karena dari perjalanan sejarah bangsa kita," ungkap Dwi.

Ada beberapa program pengembangan dana,beasiswa dan pendanaan riset untuk mendorong putra dan putri bangsa semakin berintelektual.

"Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal. Beasiswa, mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan dan Pendanaan riset mendorong riset strategis atau inovatif yang implementatif," tambah Dwi Larso.

Webinar LPDP 3Putra A.R Yamin ., S.T., Msc menjelaskan kiat-kiat untuk dapatkan LPDP khususnya luar negeri (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

Perlu diketahui, dana untuk beasiswa di LPDP mencapai 70 triliun yang tetap menjadi dana abadi yang dipakai untuk generasi ke generasi selanjutnya yang dipakai dan dibagi hasilnya untuk riset pasar untuk mengembangkan SDM melalui pemberian beasiswa bangsa.

Maka dari itu, Putra A.R Yamin menjelaskan bagaimana kiat-kiat sukses untuk mengikuti dan mendapatkan LPDP karena beasiswa ini pembiayaan hingga 100 persen. Ada lima tahap untuk mendapatkan Beasiswa LPDP yaitu.

1. Apa mimpimu.

Menentukan dimanakah universitas yang dituju sesuai bidang studi yang telah ditekuni atau yang akan diambil.

2. Buatlah Timeline

Catat semua deadline mulai pendaftaran kampus tujuan, pastikan mengerti dokumen persyaratan, mempunyai waktu cukup lama untuk mempersiapkan dokumen, permohonan surat rekomendasi, proofed personal statement, esai berupa proposal penelitian dan target IELTS.

3. Kemampuan berbahasa

Skor IELTS mencapai 6,5, kenali kemampuan bahasa inggris, lakukan persiapan yang intensif karena nilai IELTS/TOEFL yang tinggi memperbesar peluang mendapatkan LoA.

4. Unconditional Letter of Accetance

Pelajari waktu pendaftaran dengan baik karena setiap kampus maupun negara berbeda, pendaftaran via online maka kenali deadline dengan baik jangan dadakan, kenali latar belakang calon pembimbing atau ketua departemen/lab lalu tuliskan e-mail menyatakan ketertarikan studi.

5. Seleksi LPDP

Konsisten antara LoA personal statement (sangat penting) dan proposal penelitian, siapkan dengan baik untuk tes substansi akademik kebangsaan, untuk tujuan kampus luar negeri wawancara menggunakan bahasa inggris, kuasai personal statement dan proposal penilitian dengan baik.

"Jangan pernah menyerah mungkin belum rezeki aja dan Allah punya rencana ya, dan pasti bisa kok coba terus coba semangat terus untuk dapatkan beasiswa dan mudah-mudahan yang saya share tadi bermanfaat untuk kalian semua," pesan Putra yang berhasil dapatkan LPDP studi S2 di University of Nottingham, UK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES