Peristiwa Daerah

Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61 Difokuskan pada Kegiatan Sosial

Kamis, 22 Juli 2021 - 16:07 | 26.63k
Para Kasi Kejari Cilacap mengikuti upacara secara virtual di Aula Kantor Kejaksaan. (FOTO: Dok Kejari Cilacap for TIMES Indonesia)
Para Kasi Kejari Cilacap mengikuti upacara secara virtual di Aula Kantor Kejaksaan. (FOTO: Dok Kejari Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 tahun 2021, Kejaksaan Negeri atau Kejari Cilacap, Jawa Tengah menggelar upacara virtual di Aula Kantor Kejari Cilacap, Kamis (22/7/2021).

Upacara diikuti Kepala Sub Bagian Pembinaan AG Erwin, Kepala Seksi Intelijen D Purnama, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum yang juga Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Widi Wicaksono.

Juga, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Muhammad Hendra Hidayat, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Nurul Anwar, Kepala Seksi Barang Bukti Eko Joko P, dan para pegawai Kejaksaan Negeri Cilacap.

Kejari Cilacap 2Pemotongan tumpeng di Hari Bhakti Adhyaksa ke-61. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cilacap T Tri Ari Mulyanto berhalangan hadir karena sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Upacara digelar berpedoman pada Surat Edaran (SE) dari Panitia Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 Tahun 2021 Nomor B-90/D/HBA/07/2021 tertanggal 19 Juli 2021 bahwa pelaksanaan upacara Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 pada Kejaksaan Negeri Cilacap dilaksanakan secara virtual.

Di mana Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap dan para pejabat eselon IV melaksanakan upacara di aula kantor dengan mengikuti upacara dari Kejaksaan Agung RI melalui zoom meeting.

Sementara para pegawai Kejaksaan Negeri Cilacap lainnya mengikuti upacara dari ruang kerja masing-masing melalui kanal YouTube Adhyaksa TV.

Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menyampaikan, jajaran Adhyaksa ikut berperan serta memantau dan memastikan ketersediaan obat-obatan untuk penanganan covid-19 di masa pandemi ini.

"Keluarga Besar Adhyaksa senantiasa meningkatkan kewaspadaan diri, serta selalu mawas diri untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan demi menghindarkan diri dari tertular covid-19," kata Burhanuddin.

Untuk penanganan perkara narkotika, lanjutnya, agar memedomani peraturan perundang-undangan yang terbaru. "Kita senantiasa mengingat dan mendoakan Keluarga Besar Adhyaksa yang telah mendahului kita akibat terpapar covid-19," imbuhnya.

Selain itu, Jaksa Agung memberikan tujuh perintah harian kepada para Adhyaksa, yaitu dukung penuh kebijakan pemerintah dalam penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sesuai ketentuan.

Kejari Cilacap 3Pemberian nasi tumpeng kepada Kasi Kejari Cilacap. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

Menggunakan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas dan kewenangan. Menciptakan karya-karya yang inovatif dan terintegrasi yang dapat meningkatkan pelayanan publik.

Mewujudkan Kejaksaan digital dalam penyelenggaraan manajemen teknologi informasi dan sistem satu data Kejaksaan. Memperkuat asas dominus litis dalam setiap pembentukan peraturan perundang-undangan.

Segera sinergikan peran penuntutan dan penanganan perkara koneksitas pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer, dan menjaga marwah institusi dengan bekerja secara cerdas, integritas, profesional, dan berhati nurani.

Kasi Intelijen D Purnama selaku Ketua Panitia mengatakan, sebelumnya dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 Kejari Cilacap telah melaksanakan kegiatan bakti sosial, seperti vaksinasi massal yang digelar tanggal 12 Juli 2021 di Wisma Daarussalaam Cilacap.

Selain vaksinasi massal kepada 336 penerima vaksin, Kejaksaan telah melaksanakan bakti sosial dan memberikan paket sembako kepada 10 simbolis yang diselenggarakan pada 13 Juli 2021.

"Kami juga melakukan bakti sosial pembagian sembako dan penunjang protokol kesehatan pada tanggal 19 Juli 2021," katanya. 

Untuk sembako juga diberikan kepada purnawirawan Kejaksaan, honorer atau office boy Kejaksaan, panti jompo di Slarang, Panti Asuhan Yayasan Bhinneka.

"Kami juga memberikan kepada tukang parkir, tukang sampah, tukang becak, dan keluarga kurang mampu. Dan melaksanakan peletakan karangan bunga di TMP Cilacap," jelasnya.

Ia menambahkan, Hari Bhakti Adhyaksa kali ini tidak menampilkan hiburan, karena fokus berbagi dengan sesama di tengah pandemi covid-19 ini.

"Kami juga mohon doa agar beberapa pegawai yang sedang isolasi mandiri termasuk Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap T Tri Ari Mulyanto segera sehat kembali, dan dapat bergabung di Kantor Kejari Cilacap," tutur Kasi Intelijen Kejari Cilacap di peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES