Peristiwa Daerah

Gubernur Anies: Puskesmas Garda Terdepan dalam Penanganan Covid-19

Kamis, 22 Juli 2021 - 16:59 | 24.00k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat rapat mengenai perkembangan Covid-19 di Ibu Kota. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat rapat mengenai perkembangan Covid-19 di Ibu Kota. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGubernur Anies Baswedan mengatakan, Puskesmas di Ibu Kota adalah garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19. Mereka inilah yang sehari-hari paling depan melayani warga, tantangannya tentu tidak sedikit.

Apalagi kata Gubernur Anies, dalam beberapa minggu terakhir terjadi lonjakan kasus. "Alhamdulillah, beberapa hari ini sempat bersilaturahim secara virtual dengan para kepala puskesmas di seluruh wilayah DKI Jakarta," katanya Kamis (22/7/2021).

Peran puskesmas selama pandemi Covid-19 amat vital dalam menjalankan 3T (testing, tracing, treatment), lalu beberapa bulan ini juga berperan sebagai vaksinator, juga harus mengurusi pemulasaraan jenazah.

"Banyak dari mereka yang akhirnya terpapar Covid-19 juga, untungnya semua nakes di DKI Jakarta telah divaksinasi, sehingga lebih terlindungi," jelasnya.

Kini lanjut mantan Mendikbud RI itu, Puskesmas juga banyak terbantu dengan banyaknya kolaborasi sentra vaksinasi, tambahan tenaga testing/tracer, dan bantuan relawan pemulasaraan di 42 kecamatan yang dilatih DMI atau Dewan Masjid Indonesia.

"Terima kasih kepada Ibu/Bapak yang bertugas di puskesmas, jaga kesehatan, jaga stamina, jaga soliditas. Pastikan komunikasi kita terus terjalin baik, untuk mencari solusi. Ibu/Bapak adalah pilot di unit paling depan dalam sistem kesehatan kita. Sebarkan pesan optimis kepada warga yang dilayani, agar mendapatkan rasa tenang ketika melalui bersama masa-masa penuh guncangan ini," ujar Gubernur Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES