Peristiwa Daerah

Bupati Bandung Launching Inovasi Kartu Tani Sibedas

Kamis, 22 Juli 2021 - 16:50 | 53.97k
Bupati Bandung Dadang Supriatna meluncurkan Kartu Tani Sibedas, di Kantor Dinas Pertanian Kab Bandung, Kamis (22/7/21).(FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)
Bupati Bandung Dadang Supriatna meluncurkan Kartu Tani Sibedas, di Kantor Dinas Pertanian Kab Bandung, Kamis (22/7/21).(FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGBupati Bandung Dadang Supriatna meluncurkan Kartu Tani Sibedas, di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Kamis (22/7/21).

Kartu Tani Sibedas (Sistem Bertani dengan Agro Solution) ini merupakan inovasi Bupati Bandung di bidang pertanian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani.

Bupati Bandung mengatakan launching Kartu Tani Sibedas ini merupakan jawaban dari janji semasa kampanyenya di Pilkada Kabupaten Bandung 2020. 

Menurutnya Kartu Tani ini sebagai solusi untuk bisa membangkitkan semangat para petani dalam rangka melaksanakan kegiatan pertanian, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani.

Kartu Sibedas ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dengan Bank bjb, sehingga kartunya berupa ATM yang disertai chip. 

Dadang-Supriatna8.jpg

"Dalam penggunaannya, nanti bekerjasama juga dengan obtaker, sehingga kalau ada bantuan program atau bantuan modal kerja dari pemerintah derah nantinya masuk ke rekening masing-masing yang mempunyai Kartu Tani Sibedas," jelas bupati.

Selain berfungsi sebagai kartu traksaksi, imbuh Kang DS, sapaan Dadang Supriatna, Kartu Sibedas ini juga sekaligus menjadi kartu asuransi pertanian.
Kartu Sibedas ini akan disebar ke para petani di Kabupaten Bandung yang tergabung dalam keompok tani dan sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). 

"Saat ini ada sekitar 40 ribuan petani yang sudah memiliki NIB. Nanti kita sebar Kartu Tani Sibedas ini by name by address," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian A Tisna Umaran menambahkan Kartu Tani Sibedas ini merupakan inovasi dari Bupati Bandung, di mana sebelumnya sudah ada Kartu Tani dari pemerintah pusat.

"Pak Bupati membuat inovasi dengan Kartu Sibedas ini. Bedanya dengan Kartu Tani Sibedas, Kartu Tani dari pemerintah pusat itu kan hanya untuk transaksi bantuan pupuk bersubsidi yang bekerjasama dengan Bank Mandiri," jelas Tisna.

Sementara Kartu Tani Sibedas akan memberikan bantuan bibit, pelatihan, pemberian modal, pengolahan sampai penjualan hasil tani. 

"Jadi, Kartu Tani Sibedas ini tidak hanya sebatas pemberian subsidi untuk pembelian pupuk," terang Tisna saat mendampingi Bupati Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES