Peristiwa Daerah

LKNU Bondowoso Beri Layanan Konsultasi dan Vitamin Gratis Pasien Isoman, Ini Caranya

Kamis, 22 Juli 2021 - 16:32 | 47.28k
Ketua LKNU Kabupaten Bondowoso, Dr. Habib Muzakki (FOTO: Habib for TIMES Indonesia)
Ketua LKNU Kabupaten Bondowoso, Dr. Habib Muzakki (FOTO: Habib for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kasus positif Covid-19 semakin meningkat, baik yang dirawat di RS maupun yang isolasi mandiri (Isoman). Sementara untuk membantu proses pemulihan pasien Isoman, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso (LKNU Bondowoso) memberikan layanan konsultasi gratis.

Berdasarkan data penyebaran Covid-19 di Bondowoso per Tanggal 21 Juli 2021 total ada 878 pasien yang tengah menjalani perawatan. Sebanyak 682 atau 78 persen isolasi mandiri dan  tersebar di semua kecamatan.

Adapun untuk layanan konsultasi gartis LKNU dibagi lima zona. Masing-masing zona ada tiga sampai empat patugas yang siap memberikan layanan konsultasi. 

Warga langsung bisa menghubungi melalui WhatsApp sesuai nomor yang tertera di zona masing-masing. Petugas pun siap memberikan arahan sesuai keluhan pasien.

Daftar-nama-dokter-perawat-dan-bidan.jpgDaftar nama dokter, perawat dan bidan yang bisa dihubungi (FOTO: Dokumen LKNU)

Ketua LKNU Bondowoso, Dr. Habib Muzakki mengatakan, total ada sekitar 18 petugas yang akan memberikan layanan. Terdiri dari dokter, perawat dan bidan. "Semua akan bergerak memberikan apa yang kita bisa. Ilmu kita, untuk membantu masyarakat  yang isolasi mandiri," katanya.

Menurutnya, pasien Isoman yang jumlahnya ratusan, kadang bingung apa yang harus dikerjakan di rumah. "Untuk meningkatkan imun, mereka banyak yang belum tahu. Jadi kita beri layanan konsultasi selama 24 jam," katanya saat dikonfirmasi.

Melalui layanan konsultasi ini kata dia, dokter LKNU memberikan edukasi kepada masyarakat dan membimbing mereka mengatasi sendiri keluhan yang dialami. "Misalnya kita arahkan untuk mengkonsumsi ini dan sebagainya," imbuh Dr. Habib melalui sambungan telepon, Kamis (22/7/2021).

Menurutnya, sejajuh ini sudah banyak warga yang berkonsultasi. Rata-rata keluhannya batuk dan tidak bisa mencium bau. "Kalau masih bisa makan enak kami sarankan isolasi di rumah," jelasnya.

Selain itu kata dia, LKNU juga memberikan vitamin gratis. Sementara untuk distribusi pihkanya bekerja sama dengan LAZISNU Bondowoso (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama). 

"Di LAZISNU ada pemberian paket makan ke pasien Isoman. Jadi kita titipkan setiap hari agar sekaligus mendistribusikan vitamin," paparnya.

Vitamin yang dibagikan yakni Vitamin C, Vitamin B complex untuk menambah imun pasien. "Orang yang isolasi mandiri kan butuh support," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap menjaga imun, menjaga protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Jangan takut untuk periksa. Karena banyak kejadian orang datang ke Faskes (fasilitas kesehatan) sudah dalam keadaan parah. Karena tidak memeriksakan dari awal. Sehingga berakibat fatal," bebernya.

Sementara bagi warga Kabupaten Bondowoso yang sedang menjalankan isoman, harus dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, LKNU Bondowoso mengadakan layanan konsultasi gratis. "Karena kalau isolasi mandiri kurang benar, yang di rumah bisa terpapar," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES