Pendidikan

Rektor UI Akhirnya Mengundurkan dari Wakil Komisaris Utama BRI

Kamis, 22 Juli 2021 - 13:37 | 49.34k
Rektor UI Ari Kuncoro. (FOTO: Tangkapan layar)
Rektor UI Ari Kuncoro. (FOTO: Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTARektor UI Ari Kuncoro akhirnya memilih mengundurkan diri dari posisi sebagai Wakil Komisaris Utama BRI. Hal itu setelah menuai kecaman dari banyak pihak.

Terkait pengunduran tersebut, pihak BRI pun mengumumkan secaran langsung Kamis (22/7/2021) ini. Dengan menerima pengunduran diri Ari, BRI menegaskan komitmennya untuk menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik.

"Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI dan menginformasikannya secara resmi kepada Perseroan. Sehubungan itu, Perseroan menerbitkan keterbukaan informasi pada tanggal 22 Juli 2021. Adapun proses berikutnya, Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur," demikian pernyataan resmi BRI yang diterima TIMES Indonesia.

BRI menyampaikan, perseroan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) dari seluruh lapisan. Baik top level management dalam hal ini Dewan Komisaris dan Direksi, hingga jajaran pekerja di seluruh Unit Kerja Perseroan.

Komitmen tersebut dijalankan pada setiap kegiatan usaha Perseroan, yang merupakan perwujudan dari visi dan misi Perseroan, corporate values dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan Perseroan.

"Adapun Keterbukaan informasi terkait hal dimaksud dapat diakses pada situs web bursa efek dan perseroan pada tanggal 22 Juli 2021," ujarnya.

Diapresiasi

Pengunduran Ari Kuncoro diri dari posisi Wakil Komisaris Utama BRI tersebut, diapresiasi Komisi VI DPR, yang merupakan mitra kerja Kementerian BUMN.

"Keputusan yang baik. Bisa lebih fokus mengembangkan UI menjadi universitas yang bersaing secara global," kata Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza.

Faisol mengaku, tak mempermasalahkan soal rangkap jabatan sebagai komisaris BUMN. Akan tetapi, ia memberi saran agar Kementerian BUMN menunjuk orang-orang baru yang punya pemikiran dan keahlian-keahlian baru.

"Rangkap jabatan nggak ada masalah, yang penting punya kemampuan dan kompetensi. Hanya saja, saran saya, jangan yang itu-itu saja setelah bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun menjadi komisaris. Carilah orang-orang baru yang fresh, punya etos kerja, dan keahlian-keahlian baru," ujarnya soal Rektor UI Ari Kuncoro yang mengundurkan diri dari posisi Wakil Komisaris Utama BRI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES