Pemerintahan

Resmikan Kegiatan Kampung Bahari Nusantara, Ini Harapan Wali Kota Gorontalo 

Kamis, 22 Juli 2021 - 12:23 | 26.61k
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memberikan sambutan di kegiatan kampung Bahari Nusantara yang terletak di Pantai Leato Selatan, Kota Gorontalo, Kamis (22/7/2021). (FOTO: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memberikan sambutan di kegiatan kampung Bahari Nusantara yang terletak di Pantai Leato Selatan, Kota Gorontalo, Kamis (22/7/2021). (FOTO: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo, Marten Taha meresmikan kegiatan kampung Bahari Nusantara yang terletak di Pantai Leato Selatan, Kota Gorontalo, Kamis (22/7/2021). Program ini merupakan program TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Pemkot Gorontalo dalam rangka optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan sumber daya dalam dan melestarikan potensi maritim yang ada.  

Marten mengatakan kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir hingga dapat merubah kondisi pesisir yang ada saat ini menjadi lebih bersih dan indah. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya kampus Bahari Nusantara ini, ada 5 klaster yang perlu dilakukan.

Pertama, klaster edukasi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui pembangunan rumah pintar. Klaster kedua yaitu ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan dilaksanakannya pembinaan kepada kelompok usaha mikro kecil dan menengah. Klaster ketiga yaitu kesehatan yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan dilaksanakannya sosialisasi hidup sehat. 

Marten-Taha-4.jpgWali Kota Gorontalo, Marten Taha meresmikan kegiatan kampung Bahari Nusantara yang terletak di Pantai Leato Selatan, Kota Gorontalo, Kamis (22/7/2021). (FOTO: Humas Pemkot Gorontalo)

Berikutnya, yaitu Klaster Pariwisata yang diharapkan dapat menciptakan destinasi tempat wisata baru dan memaksimalkan potensi wisata yang ada. Terakhir, yaitu klaster Pertahanan yang diharapkan masyarakat dapat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan Negara.

“Pelaksanaan peresmian kampung bahari nusantara ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Gorontalo dalam upaya percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang berada di daerah pesisir,” kata Marten Taha saat memberikan sambutan.

Wali Kota menjelaskan Pemerintah Kota Gorontalo akan memberikan dukungan penuh dengan harapan program kegiatan kampung Bahari Nusantara dapat maju dan berkembang, baik dalam aspek sumber daya manusia maupun dalam upaya pelestarian sumber daya alam yang memperkuat ketahanan pangan lokal di daerah pesisir.

“Kampung Bahari Nusantara merupakan terobosan yang sangat penting serta strategis dalam rangka pembangunan masyarakat kawasan pesisir,” ucap Marten

 Wali Kota dua periode ini mengungkapkan kawasan pesisir laut sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik dan akan memberikan manfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, kata dia, hal itu masih berbanding terbalik dengan yang diharapkan, karena masih ditemukan sebahagian kawasan pesisir belum tertata dan dikelola dengan baik.

 “Bahkan, ironisnya kawasan pesisir tercemar dan rusak yang berdampak pada menurunnya sumber daya pesisir dan laut baik kualitas maupun kuantitas. Sehingga perlu kesadaran masyarakat dalam melestarikan sumber daya yang ada di kawasan pesisir ini,” kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES