Peristiwa Daerah

Kurban Sapi Gubernur Jatim Khofifah Diniatkan untuk Mantan Gubernur

Rabu, 21 Juli 2021 - 18:24 | 59.95k
Proses penyembelihan hewan kurban Gubernur Jawa Timur di Masjid Al-Akbar Surabaya, Kamis (21/7/2021). (Foto: dok. Humas Masjid Al-Akbar Surabaya)
Proses penyembelihan hewan kurban Gubernur Jawa Timur di Masjid Al-Akbar Surabaya, Kamis (21/7/2021). (Foto: dok. Humas Masjid Al-Akbar Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sapi kurban seberat 1.050 Kg milik Gubernur Jatim Khofitah Indar Parawansa pada Kamis (21/7/2021) pagi ini disembelih di Masjid Al-Akbar Surabaya. Niat kurban Khofifah tersebut diperuntukkan bagi para almarhum mantan Gubernur Jatim.

Adapun nama-nama mantan Gubernur Jatim itu antara lain almarhum Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, dr. Murdjani, R. Samadikun, Raden Tumenggung Ario Milono, Raden Soewondo Ranoewidjojo, Mochamad Wijono dan Raden Panji Mohammad Noer Letnan Jenderal TNI (Purn.).

"Tadi penyembelihan hewan kurban milik pak presiden kami hitung membutuhkan waktu 15 detik, punya bu Gubernur 9 detik," ujar Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy Mohamad Nor.

Proses penyembelihan hewan kurban Gubernur Jawa Timur di Masjid Al Akbar Surabaya b

Helmy mengatakan bahwa daging kurban sapi Gubernur Jawa Timur itu diberikan kepada petugas makam di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Keputih.

"Kita akan memberikan kepada penggali kubur, petugas pemakaman di KPU Keputih sekitar 51 orang, InsyaAllah kami akan datang ke sana untuk menyemangati mereka. Untuk memberikan kepada mereka, termasuk para Modin dan penjaga makam," ungkapnya.

Helmy juga mengatakan pihaknya mengestimasi, ada 2.000 paket daging kurban. Selain untuk petugas TPU Keputih, Paket hewan kurban akan diberikan kepada warga sekitar masjid dan RT RW melalui kelurahan Menanggal.

Jumlah hewan kurban sapi yang dipotong di Al-Akbar Surabaya sendiri sekitar 20 ekor. Kemudian kambing 35 ekor. "Jumlah sapi tahun sekarang lebih banyak ketimbang tahun lalu, tahun lalu 18 ekor, sekarang 20 ekor," tuturnya.

Proses penyembelihan hewan kurban Gubernur Jawa Timur di Masjid Al Akbar Surabaya c

Ia juga mengatakan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid Al-Akbar Surabaya dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Seluruh petugas bahkan terlebih dahulu harus diswab.

"Alhamdulillah petugas semua sudah di swab antigen mulai jam 6 pagi, baik pemotong, pencacah maupun yang lain," ujar Humas Masjid Al-Akbar Surabaya itu dalam penyembelihan hewan kurban termasuk dari Gubernur Jatim Khofitah Indar Parawansa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES