Indonesia Positif

Platform Edukasi Tim ENJOY Unair Bantu Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Mahasiswa

Rabu, 21 Juli 2021 - 11:56 | 58.84k
Tim ENJOY lolos pendanaan Program Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) tahun 2021.
Tim ENJOY lolos pendanaan Program Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) tahun 2021.

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lima Ksatria Airlangga yang tergabung dalam Tim ENJOY berhasil menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Lima mahasiswa Fakultas Vokasi Unair Surabaya tersebut berhasil lolos pendanaan Program Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) 2021.

Mereka adalah Cholillul Rochman Toyyib, Adhis Helsa Aurellia, Nabila Aisyah Azhari, Taris Iklil Nabillah, dan A Endin Yoga Pradana.

Ketua Tim ENJOY, Cholillul Rochman Toyyib, menuturkan bahwa secara sederhana PWMV mirip  seperti KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia), namun hanya dikhususkan untuk mahasiswa vokasi. Kompetisi tersebut bertujuan untuk melatih serta mendorong mahasiswa vokasi untuk bisa terjun ke dunia wirausaha.

“Tim kami mengikuti PKMV ini untuk mencari pengalaman dan melatih jiwa kompetitif tim. Selain itu, kami membutuhkan pendanaan untuk scaling up, karena platform kami sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2020,” ungkapnya pada TIMES Indonesia, Senin (19/7/2021). 

Mahasiswa D-III Bahasa Inggris itu menerangkan bahwa timnya sepakat untuk membuat start-up sebagai media belajar dan saling berbagi. Start-up tersebut dibuat untuk membantu mahasiswa dalam mendapatkan akses yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan Bahasa inggris. Start-up tersebut diberi nama English Joy (ENJOY).

ENJOY

ENJOY diciptakan dengan tujuan menjadi platform pendidikan Bahasa Inggris yang membantu mahasiswa mencapai target skor TOEFL sebagai syarat kelulusan. Karena basis platform tersebut berbentuk digital, maka tim ENJOY memaksimalkan teknologi informasi yang saat ini berkembang.

“Kami fokus untuk mengembangkan website kami. Fitur yang ada di website kami antara lain adalah simulasi tes TOEFL, tracking skor, akses soal latihan, dan akses video learning,” jelasnya.

Cholil mengungkapkan apabila member terkendala mobilitas, maka ENJOY akan menyediakan opsi online class dengan maksimal 7 member per kelas. Jika terkendala waktu dan mobilitas, ENJOY menyediakan video learning subscription yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

“Jika ingin lebih fokus, kami juga menyediakan offline class dengan sistem one member one tutor,” ungkapnya.

Untuk saat ini, lanjut Cholil, tim hanya membuka kelas daring. Sedangkan untuk kelas luring masih menunggu kegiatan kuliah luring berjalan kembali. Untuk kelas luring sendiri, ENJOY melakukan kerja sama dengan salah satu coffee shop agar para member bisa mendapatkan vibes yang menyenangkan ketika belajar.

“Kami juga menyediakan kelas untuk komunitas atau organisasi mahasiswa di kampus, dengan fasilitas yang lengkap dan harga yang sangat terjangkau. Sedangkan untuk video learning, masih dalam proses produksi. Kami akan launching kemungkinan akhir tahun ini, karena totalnya akan ada ratusan video,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk sumber daya manusia, saat ini Tim ENJOY sudah membuka internship batch 1. Kegiatan internship tersebut bertujuan untuk membuka ruang untuk teman-teman mahasiswa se-Surabaya Raya untuk meningkatkan skill bersama ENJOY.

“Apabila ada yang potensial dan sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan, tidak menutup kemungkinan kami akan merekrut anggota internship menjadi bagian dari tim kami,” tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES