Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Ketahui Cara Meringankan KIPI sebagai Efek Vaksinasi Covid-19

Rabu, 21 Juli 2021 - 17:46 | 36.17k
Ilustrasi - Vaksinasi yang dilakukan pelajar (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Vaksinasi yang dilakukan pelajar (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah terus melakukan percepatan untuk vaksinasi Covid-19, baik dewasa maupun anak mulai usia 12 tahun, agar tercipta herd immunity dan Indonesia segera terbebas dari virus corona.

Vaksinasi Covid-19 memiliki efek samping di badan seperti imunisasi pada umumnya. Efek ini disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Untuk itu pahami cara mengatasi efek yang terjadi setelah melakukan vaksinasi.

Banyak masyarakat mengalami efek samping tertentu setelah mendapatkan vaksin Covid-19, misalnya sakit kepala, nyeri, tubuh lemas, demam, dan sejenisnya. Sebenarnya, reaksi tersebut sama dengan respon tubuh ketika mendapatkan vaksin lainnya.

KIPI sendiri adalah serangkan reaksi, biasanya berupa peradangan dalam tubuh, setelah imunisasi. Untungnya, kejadian KIPI cenderung ringan dan dapat membaik dengan sendirinya.

Gejala KIPI yang ringan dapat bersifat lokal atau sistemik. KIPI ringan bersifat lokal dapat berupa rasa nyeri, kemerahan dan pembengkakan di area tubuh yang mengalami infeksi setelah diberikan imunisasi.

Sedangkan respon sistemik dapat berupa munculnya demam, sakit kepala, lemas, atau rasa tidak enak badan. KIPI ringan biasanya terjadi sesaat setelah diberikan vaksin dan dapat membaik dengan sangat cepat dengan pengobatan untuk mengurangi gejala ataupun tidak.

Cara mengatasi efek samping vaksin Covid-19 antara lain:

1. Anda bisa mengompres air dingin area tubuh yang mengalami nyeri atau bengkak karena suntikan.

2. Saat mengalami demam, Anda bisa mengatasinya dengan mengompres atau mandi air hangat. Selain itu, perbanyak pula minum air putih dan istirahat. Jika dierlukan, Anda bisa minum obat sesuai keperluan.

3. Jika terjadi reaksi KIPI yang berat, Anda juga harus melakukan pelaporan kepada petugas yang bersangkutan. Pelaporan bisa dilakukan melalui nomor telepon yang tertera pada kartu vaksinasi.

Jika seseorang mengalami KIPI yang serius, maka penanganan KIPI kemungkinan memerlukan pengawasan medis dari tenaga kesehatan.

Setelah menjalani vaksinasi Covid-19, jika ada gejala KIPI dengan intensitas berat, segera laporkan dan obati segera pada fasilitas kesehatan di mana Anda memperoleh layanan imunisasi atau pelayanan kesehatan terdekat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES