Indonesia Positif

LPPKSPS Solo Latih 20 Calon Asesor Selsub BCKS LPD UMG

Senin, 19 Juli 2021 - 18:51 | 51.85k
Pelatihan Asesor Selsub BCKS LP UMG.
Pelatihan Asesor Selsub BCKS LP UMG.

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sebanyak 20 dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gresik mengikuti kegiatan Pelatihan Asesor Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) Tahun 2021 yang diadakan Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) FKIP bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 6 hari, mulai 13 Juli 2021 sampai dengan 19 Juli 2021, secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting dan Microsoft Teams. 

Dalam pelatihan ini, terdapat dua narasumber utama yang mengisi pelatihan yakni Pujiadi, S.Pd., M.Pd., M.Kom., dari LPMP Jawa Tengah, Atik Catur Budiarti, S.Sos., M.A., dari FKIP UNS. Selain itu ada pula narasumber LMS dari LPPKSPS Jarot Susilo, M.Kom., dan Aulia Nurul Huda. Pelatihan Asesor Seleksi Substansi BCKS ini dilaksanakan selama 34 JP yang terbagi dalam 6 hari. Kegiatan Pelatihan Asesor ini sendiri ditujukan bagi calon asesor dan bukan bagi asesor yang telah melakukan proses asesor sebelumnya. Adapun materinya beragam sesuai dengan yang dibutuhkan untuk diketahui oleh para calon asesor, mulai dari pengantar PPK, Instrumen PPK, serta proses penilaian PPK. 

Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Nur Fauziyah, M.Pd., menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini, diharapkan nantinya LPD UMG akan dapat melaksanakan Seleksi Substansi BCKS. Sebelumnya hanya ada tiga LPD yang bisa melakukan Seleksi Substansi di Jawa Timur, yakni LPMP Jawa Timur, P4TK PKn IPS dan Universitas Negeri Surabaya. Di Jawa Timur sendiri banyak Kepala Sekolah yang pensiun yang membutuhkan untuk diganti, sehingga permintaan untuk melakukan Seleksi Substansi BCKS meningkat. 

“Beberapa kali kami (LPD UMG) mendapat tawaran untuk melakukan Seleksi Substansi, dan akhirnya gagal karena kami belum punya asesor yang bisa diterjunkan, seperti misalnya dengan Dinas Bojonegoro kemarin bahkan sudah ada RAB nya namun akhirnya kami tidak bisa menyelenggarakan, maka semoga pada pelatihan ini (peserta) lulus semua dan bisa menjadi asesor sehingga LPD UMG bisa menyelenggarakan Seleksi Substansi BCKS,” terangnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES