Indonesia Positif

Dinas Pertanian Kota Banjar Lakukan Pemeriksaan Post Morten Hewan Kurban

Selasa, 20 Juli 2021 - 23:38 | 43.56k
Drh Iis Meilia, Kabid Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Drh Iis Meilia, Kabid Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARPemkot Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan telah menugaskan beberapa petugas untuk memeriksa hewan kurban pada Idul Adha kali ini.

Hal tersebut disampaikan drh Iis Meilia, Kabid peternakan Dinas ketahanan Pangan, pertanian dan perikanan yang dijumpai saat sedang melakukan pemeriksaan hewan kurban disebuah lokasi pemotongan hewan kurban di Kecamatan Banjar, Selasa (20/7/2021).

Pemeriksaan post Morten dilakukan petugas pada hewan kurban seperti Sapi, kambing ataupun domba yang telah disembelih disejumlah tempat pemotongan hewan.

 "Adapun pemeriksaan post Morten meliputi  organ dalam seperti usus, lambung, hati, jantung dan karkas untuk memastikan daging tersebut layak disalurkan dan dikonsumsi masyarakat," terang drh Iis.

Dalam pemeriksaan post Morten hewan kurban kali ini, tim dari bidang peternakan menemukan salah satu kasus kelainan pada hati hewan kurban yang mengandung cacing  hati di salah satu lokasi pemotongan hewan kurban di Kecamatan Banjar.

 "Di lokasi ini kami temukan satu hewan sapi kurban yang mengandung cacing hati tapi hewan tersebut bukan berasal dari ternak Kota Banjar dan untuk itu kami amankan semua hati dari hewan kurban tersebut," urainya.

Drh Iis Meilia mengimbau kepada petugas kurban agar hati yang mengandung cacing tersebut tidak digunakan karena berbahaya bila dikonsumsi.

 "Kalau untuk dagingnya sudah kami periksa aman dan bisa didistribusikan ke masyarakat karena layak untuk dikonsumsi," pungkasnya. (*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES