Indonesia Positif

Ratusan Kepala Desa Terpilih di Majalengka Segera Dilantik

Rabu, 21 Juli 2021 - 14:19 | 64.31k
Ilustrasi - Pilkades serentak Majalengka 2021
Ilustrasi - Pilkades serentak Majalengka 2021

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sebanyak 127 Kepala Desa (Kades) baru di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan segera dilantik. Mereka merupakan para Kades yang terpilih dalam Pilkades serentak pada 22 Mei 2021 lalu.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, pelantikan calon kades tersebut, direncanakan akan dilaksanakan pada Jumat 23 Juli 2021 mendatang.

"Untuk teknisnya, kita sudah membuat konsep dan siang ini akan kita bahas bersama tim lainnya. Dan pelaksanaan pelantikan pilkades nanti, dipastikan tidak bertentangan dengan kebijakan PPKM," ungkap Karna Sobahi, Rabu (21/7/2021).

Menurut Karna Sobahi, penentuan waktu pelaksanaan pelantikan pilkades tersebut, juga sudah sesuai arahan dari Kemendagri kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka. "Surat izin dari Mendagri sudah kami terima," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Majalengka, Hendra Krisniawan menjelaskan, bahwa pelantikan terhadap ratusan kades terpilih tersebut, akan dilakukan secara daring.

Para calon kades terpilih, kata dia, akan mengikuti proses pelantikan di kantor kecamatan masing-masing. Sedangkan, bupati akan melantik secara virtual dari Pendopo.

"Untuk memperketat protokol kesehatan, calon kades hanya boleh didampingi dua orang. Yakni, Ketua BPD dan LPM. Sedangkan, SK dan tanda kepangkatan diserahkan oleh camat atas nama bupati," jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa SK pengangkatan calon kepala desa terpilih sendiri sudah terbit per 12 Juli 2021 lalu. Namun, karena, ada kebijakan PPKM Darurat, pelantikan tersebut belum bisa dilaksanakan. Dan direncanakan baru bisa dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2021 mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES