Peristiwa Daerah

Gubernur Jatim Khofifah dan Bupati Salwa Berkurban di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso

Rabu, 21 Juli 2021 - 14:00 | 25.29k
Proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso. Pemotongan dilakukan sehari setelah pelaksanakan Salat Idul Adha 1442 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso. Pemotongan dilakukan sehari setelah pelaksanakan Salat Idul Adha 1442 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso dilaksanakan sehari setelah Idul Adha 1442, Rabu (21/7/2021). Diantara puluhan hewan, satu ekor pemberian Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan dua sapi pemberian Bupati Salwa Arifin.

Ketua Ta'mir Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso, H Ahmad Sodiq mengatakan, total ada 34 hewan kurban. Terdiri dari 12 ekor sapi dan 22 kambing. Hewan kurban tersebut merupakan pemberian jemaah.

Menurutnya, jemaah memberikan kurban berupa uang dengan nominal seharga satu ekor kambing. Kalau sudah ada tujuh orang. Maka panitia mengumpulkan uang tersebut untuk dibelikan satu ekor sapi. 

"Karena daging sapi kami nilai akan lebih banyak daripada daging kambing. Sudah kami sampaikan juga kepada para jema'ah," katanya.

Ia menjelaskan, penyembelihan hewan kurban sengaja dilakukan sehari setelah Salat Idul Adha, karena kemarin panitia disibukkan dengan persiapan Salat Id. 

Selain itu, pihknya tidak menginginkan adanya kerumunan. "Karena pagi harinya sudah Salat Id kemudian siangnya harus kembali lagi untuk pembagian daging kurban," jelasnya.

Menurutnya, panitia memerhatikan betul anjuran pemerintah dalam PPKM. "Selain itu kita menjalankan amanah umat," imbuhnya.

Adapun penerima kurban sebanyak 1.500 orang. Total 500 diantaranya diberikan khusus kepada para jemaah. "Selebihnya akan diberikan kepada warga sekitar," katanya.

Warga yang kebagian daging kurban tidak harus datang ke Masjid Agung At-Taqwa. Tetapi akan dibagikan langsung melalui kordinator. 

"Nanti mereka (kordinator) yang akan bagi ke sekitarnya. Sehingga semua gak harus ke sini," paparnya saat dikonfirmasi.

Sementara bagi jemaah kata dia, mereka harus datang langsung ke Masjid At-Taqwa. Sesuai dengan waktu yang ditentukan di kupon masing-masing penerimam

"Kami sediakan stan untuk pembagian daging kurban. Tujuannya adalah untuk mengurangi kerumunan," katanya. 

Menurutnya, proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di RPH (Rumah Pemotongan Hewan). "Di sini tinggal nimbang dan bagi daging," terangnya.

Adapun proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso pada momen Idul Adha 1442 tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES