Peristiwa Internasional

New Shepard Milik Jeff Bezos Akhirnya Meluncur ke Ruang Angkasa

Rabu, 21 Juli 2021 - 07:34 | 29.25k
Saat kapsul mencapai ruang angkasa, mereka jungkir balik dan jatuh selama empat menit tanpa bobot. Pemandangan Bumi yang menakjubkan terlihat di luar. (FOTO: Screenshot BBC)
Saat kapsul mencapai ruang angkasa, mereka jungkir balik dan jatuh selama empat menit tanpa bobot. Pemandangan Bumi yang menakjubkan terlihat di luar. (FOTO: Screenshot BBC)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Miliarder Jeff Bezos akhirnya berhasil mencapai luar angkasa dengan kapal roketnya, New Shepard, Selasa (20/7/2021) dan kembali ke bumi setelah terbang 10 menit 10 detik.

Dua menit setelah penerbangan, kapsul terpisah dari roketnya dan melanjutkan ke atas menuju Garis Karman, batas ruang angkasa yang paling dikenal luas, yang terletak 100 km di atas bumi. Para astronot yang ada di pesawat terlihat berteriak "wow!" dan bersorak.

Ini merupakan keberhasilan pertama miliarder itu dalam menawarkan wisata luar angkasa. Sebelumnya hal yang sama juga dilakukan miliarder Richard Branson dengan pesawat roketnya Virgin Galactic.

Jeff-Bezos.jpgJeff Bezos terlihat senang begitu keluar dari kapsul New Shepard yang mendarat di gurun Texas Barat.(FOTO: BBC)

Pesawat ruang angkasa Jeff Bezos lepas landas pada pukul 14:12 BST (09:12 EDT) dari lokasi peluncuran pribadi di dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat.

Jeff Bezos meluncur ke ruang angkasa ditemani Mark Bezos, saudaranya, Wally Funk, seorang perintis berusia 82 tahun dari perlombaan luar angkasa, dan seorang siswa berusia 18 tahun.

Kapsul yang dikendarai Jeff Bezos memiliki jendela terbesar sehingga dengan leluasa bisa melihat lengkungan bumi lebih luas dan menawarkan pemandangan Bumi yang menakjubkan.

"Hari terbaik yang pernah ada," kata Jeff Bezos sesaat setelah kapsulnya mendarat di bumi.

New Shepard dibangun oleh perusahaan Bezos, Blue Origin, yang dirancang untuk melayani pasar pariwisata luar angkasa yang saat ini sedang berkembang.

Keluarga-penumpang-kapsul-New-Shepard-saat-menyambut-mereka.jpgKeluarga penumpang kapsul New Shepard saat menyambut mereka (FOTO: BBC)

Pendiri Amazon, Bezos dan peserta lain dalam perlombaan ruang angkasa miliarder itu telah dikritik karena menawarkan apa yang dilihat sebagian orang sebagai wahana kegembiraan bagi orang super kaya. Kritikus mengatakan uang itu bisa dihabiskan untuk kenaikan gaji karyawan atau memerangi perubahan iklim.

Namun Bezos menegaskan bahwa dia memiliki visi lingkungan: "Kita perlu mengambil semua industri berat, semua industri yang mencemari dan memindahkannya ke luar angkasa, dan menjaga Bumi sebagai permata indah dari sebuah planet seperti sekarang ini," katanya kepada MSNBC.

"Ini akan memakan waktu beberapa dekade dan dekade untuk mencapainya, tetapi anda harus memulai, dan hal-hal besar dimulai dengan langkah-langkah kecil. Itulah yang memungkinkan misi pariwisata sub-orbital ini untuk kami lakukan, memungkinkan kami untuk berlatih berulang kali," kata dia seperti dilansir di BBC.

Dalam jumpa pers usai peluncuran, Jeff Bezos mengatakan: "Ekspektasi saya tinggi dan secara dramatis terlampaui," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES