Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Vaksin Covid Palsu Beredar di Rumah Sakit

Rabu, 21 Juli 2021 - 09:04 | 78.17k
Potongan video peredaran vaksin covid palsu di banyak rumah sakit.
Potongan video peredaran vaksin covid palsu di banyak rumah sakit.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video disertai dengan narasi peredaran vaksin covid palsu di banyak rumah sakit. Video tersebut beredar di media sosial.

Seperti diunggah oleh akun Facebook Doni S Sos di forum Media Cetak dan Online Ampera News pada 18 Juli 2021, yang menyatakan bahwa peristiwanya terjadi baru-baru ini. Video yang diunggahnya berlogo Kompas TV yang berjudul Bongkar Mafia Vaksin. 

Berikut narasi yang diunggah akun Doni S Sos:

Semangkin Gawat Indonesia sekarang ini! Banyaknya Rumah Sakit Penerima
Vaksin Palsu! Mau jadi apa NKRI ini

Pantauan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, hingga Senin (20/7/2021) pukul 17.00 WIB, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 777 kali dan mendapat 35 komentar, serta 86 respons emoji.

cek fakta Vaksin Covid Palsu 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, potongan video berita yang disertai klaim peredaran vaksin covid palsu, tidak benar. 

Hasil penelusuran melalui mesin pencari, ditemukan fakta bahwa video tersebut merupakan potongan berita Kompas TV tentang peredaran vaksin palsu untuk balita pada tahun 2016 lalu. 

Video lengkap pemberitaan tersebut telah diunggah oleh Kompas TV di channel Youtube: Kompas TV pada 15 Juli 2016 dengan judul Bongkar Mafia Vaksin Palsu.

cek fakta Vaksin Covid Palsu 3Sumber: Kemarahan Orangtua Korban Vaksin Palsu | YouTube

Dikutip dari kompas.tv, video yang beredar tersebut, merupakan potongan berita dari Kompas TV yang diunggah ke akun Youtube Kompas TV pada 15 Juli 2016. Saat itu, negara tengah dihebohkan dengan peredaran vaksin palsu untuk balita di beberapa rumah sakit.

Selain itu, video yang beredar di masyarakat tersebut juga masih menggunakan logo lama Kompas TV.

cek fakta Vaksin Covid Palsu 4Sumber: Hoax!!! Potongan Video Berita Kompas TV dengan Narasi Vaksin Covid Palsu | Kompas TV

Mengutip turnbackhoax.id, Kompas TV telah mengganti logonya sejak 19 Oktober 2017, bertepatan dengan Peluncuran Rumah Pilkada. Proses peluncuran logo baru Kompas TV dapat dilihat dalam video yang diunggah di kanal Kompas TV berjudul “ROSI Spesial Peluncuran Rumah Pilkada” pada cap waktu 2:25:05.

cek fakta Vaksin Covid Palsu 5Sumber: [SALAH] “Semangkin Gawat Indonesia sekarang ini! Banyaknya Rumah Sakit Penerima Vaksin Palsu!” | Turnbackhoax

Klarifikasi atas beredarnya potongan video berita tersebut juga disampaikan pihak Legal and Public Relations Divison KG Media, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com.

Pihak KG Media memastikan bila video tersebut telah diedit oknum tidak bertanggung jawab. Video yang beredar tersebut tidak sesuai dengan aslinya atau hoaks.

Pihak KG Media meminta agar publik berhati-hati dengan informasi yang diterima, dan selalu memastikan untuk cek kebenarannya terlebih dahulu.

cek fakta Vaksin Covid Palsu 6Sumber: KompasTV Pastikan Potongan Video Dengan Narasi 'Vaksin Covid Palsu' Hoaks, Berikut Klarifikasinya | Tribunnews

Pemeriksaan atas klaim tersebut juga  dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com. 

cek fakta Vaksin Covid Palsu 7Sumber: [HOAKS] Potongan Video Berita Kompas TV Bernarasi Vaksin Covid Palsu | Kompas

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, potongan video berita yang disertai klaim banyak rumah sakit penerima vaksin covid palsu, tidak benar. Video tersebut merupakan berita tentang peredaran vaksin palsu untuk balita pada tahun 2016.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading Content terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES