Pemerintahan

Masa PPKM Darurat, Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Kota Malang Meningkat

Selasa, 20 Juli 2021 - 16:41 | 28.14k
Wali Kota Malang, Sutiaji saat meninjau penyembeliham hewan kurban di RPH Kota Malang, Selasa (20/7/2021). (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang, Sutiaji saat meninjau penyembeliham hewan kurban di RPH Kota Malang, Selasa (20/7/2021). (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh Rumah Potong Hewan atau RPH Kota Malang di penghujung massa PPKM Darurat ini mengalami peningkatan per harinya.

Hal itu bisa saja disebabkan, Wali Kota Malang, Sutiaji yang meminta kepada masyarakat Kota Malang untuk melakukan penyembelihan di RPH agar tak terjadi kerumunan di setiap wilayahnya.

Sutiaji yang memantau langsung pelaksanaan penyembelihan di RPH Kota Malang, Selasa (20/7/2021) pagi tadi, malah menargetkan penyembelihan yang dilakukan mulai tanggal 20 Juli hingga 23 Juli 2021 mendatang, sebanyak 600 an ekor.

"Ini kita persiapkan kepada masyarakat yang ingin menyembelih kurban. Kita targetkan dalan jeda waktu hingga tanggal 23 nanti bisa mencapai 600 sampai 700 ekor," ujar Sutiaji, Selasa (20/7/2021).

penyembelihan-hewan-kurban-di-RPH-Kota-Malang.jpgSuasana penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Malang, Selasa (20/7/2021). (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Sutiaji juga mengungkapkan bahwa protokol kesehatan yang ketat dilakukan saat penyembelihan hewan kurban harus benar-benar diperhatikan.

Hal ini bukan saja yang berada di RPH, akan tetapi juga di tempat ibadah masing-masing wilayah. Salah satunya adalah seluruh petugas penyembelih maupun panitian wajib menjalani Swab Antigen.

"Kemarin kita sudah lakukan Swab Antigen bagi para panitia pelaksana kurban. Jumlahnya hingga saat ini sekitar 3.500 sampai 4.000 an yang sudah di Swab Antigen. Itu termasuk yang disini (RPH) juga kita Swab," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Perumda Tuna Malang, Elfiatur Rokhiah menyebutkan bahwa untuk tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan penyembelihan di RPH dalam sehari saja sekitar 80 ekor.

"Saat ini meningkat, tapi sedikit. Naiknya menjadi sekitaran 120 ekor (per hari)," tuturnya.

Namun, Elfia sendiri mengaku bahwa hingga hari ini, data yang tercatat di RPH Kota Malang sendiri, baru ada sekitar 238 ekor hewan kurban yang telah mendaftar. "Kalau kapasitas maksimal kita itu 170 ekor. Kan kita juga ada dua, di Gadang sama Cemorokandang," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES