Peristiwa Daerah

Idul Adha 1442 H, Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Surya Surabaya Naik 100 Persen

Selasa, 20 Juli 2021 - 13:37 | 77.51k
Proses pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya, Selasa (20/7/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).
Proses pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya, Selasa (20/7/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) melalui SE nomor 15 tahun 2021 telah mengimbau penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di RPH (Rumah Pemotongan Hewan). Hal tersebut membuat jumlah pemotongan hewan kurban di RPH Surya Surabaya meningkat 100 persen.

Plt Dirut RPH Surya Surabaya,  Mohamad Faiz mengatakan bahwa di hari pertama Idul Adha saja, RPH Surabaya telah menyembelih 68 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

"Tahun kemarin sekitar 100an hewan kurban, nah kalau sekarang  itu sekitar 200 ekor selama kurban," ujar Faiz.

200 ekor tersebut akan dibagi menjadi beberapa hari hingga hari Tasyrik berakhir yakni H+3 Idul Adha. Di H+1 Idul Adha besok, Rabu (21/7/2021), pihaknya akan menyembelih 82 ekor Sapi. Di H+2 menyembelih 70 ekor sapi dan di H+3  menyembelih sekitar 7 ekor sapi.

Dari tingginya jumlah hewan kurban  yang disembelih oleh RPH Surabaya pihaknya telah merekrut warga sekitar sebagai tambahan tenaga di RPH. Hingga total ada sekitar 150 an orang  yang hari ini membantu di RPH.

Daging Kurban 1

"Jadi, jumlah pemotong nambah, kalau tahun kemarin 6 sekarang itu 10 kelompok, kalau pemotong itu orang RPH sendiri harus bersertifikat,  pemboleng itu ada 10 kelompok 1 kelompok 6 orang.  pengemasan ada 10 kelompok, 1 kelompok 8 orang, terus yang ngatur tamu ada 5 orang," jelasnya.

Kata Faiz, hewan kurban yang dipotong di RHP beberapa diantaranya adalah milik pejabat. Seperti Walikota Surabaya, Sekda Kota,  DPRD Kota Surabaya, Wakil Gubernur Jatim hingga Polda Jatim . "Kalau punya pak Eri ada 2 ekor, beratnya rata-rata di atas 800 kiloan," terang Faiz.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk memakai jasa RPH ada 2 paket yang disediakan pertama yakni paket kemas, dimana RPH akan menyembelih hewan kurban hingga proses pengemasan bahkan pengiriman, paket ini dibandrol dengan harga Rp. 2,5 Juta.

Sementara paket kedua adalah paket Sontor, paket ini RPH Surya Surabaya akan memotong hewan kurban sampai memisahkan tulang dengan daging saja, sementara proses pengemasan dilakukan  oleh pemilik hewan kurban, paket ini dibandrol dengan harga Rp 1,8 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES