Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

3 Juta Vaksin Pfizer Berefikasi 95 Persen Tiba Agustus Mendatang

Selasa, 20 Juli 2021 - 10:02 | 42.18k
Vaksin Pfizer menurut uji klinis berefikasi 95% datang ke RI pada Agustus 2021 (FOTO: Alodokter)
Vaksin Pfizer menurut uji klinis berefikasi 95% datang ke RI pada Agustus 2021 (FOTO: Alodokter)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTAVaksinasi terus digiatkan untuk mencapai Herd Immunity oleh pemerintah untuk menanggulangi wabah Covid-19 meninjak lanjuti hal tersebut, Kementerian Kesehatan memastikan vaksin Pfizer akan tiba di Indonesia pada akhir Agustus 2021. Vaksin asal Amerika Serikat ini akan menjadi merek vaksin ke-5 yang akan digunakan Indonesia.

"Akhir Agustus (datang),” kata Juru Bicara Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi kepada kumparan, Senin (19/7/2021)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) terhadap vaksin buatan Pfizer-BioNTech itu pada Kamis (15/7) lalu. Pemakaian vaksin Pfizer diizinkan bagi 12 tahun ke atas.

Vaksin-Pfizer-menurut-uji-klinis-berefikasi-2.jpgIlustrasi - Vaksinasi yang dilakukan di SMP (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

"Hari ini BPOM telah menerbitkan EUA untuk vaksin Comirnaty yang diproduksi oleh Pfizer and BioNTech dengan platform mRNA," kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam jumpa pers virtual.

 Berdasarkan hasil uji klinis, efikasi atau kemanjuran vaksin Pfizer ini mencapai 95,4 persen untuk warga berusia 16 tahun ke atas.

"Dan hasil data uji klinis 3 menunjukkan efikasi pada 16 tahun ke atas 95,4 persen, dan pada remaja 12-15 tahun 100 persen. Data imunogenisitas menunjukkan pemberian dua dosis dalam 3 minggu ini menghasilkan respons yang baik," jelas Penny.

Berdasarkan data terbaru yang disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin, ada 3 juta dosis vaksin Pfizer yang diharapkan tiba pada akhir Agustus.

Selanjutnya 5,5 juta dosis akan tiba pada September. Setelah itu, sekitar 13,8 juta dosis per bulannya ditargetkan tiba pada Oktober, November, dan Desember tahun ini.

Vaksin Covid-19 memang disebut akan semakin banyak berdatangan ke RI mulai Agustus. Sehingga Presiden Jokowi menargetkan lebih dari 2 juta dosis suntikan vaksin corona per hari.

Tidak hanya itu, Kementerian Kesehatan RI dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE telah menyepakati kerja sama untuk mendatangkan 50 juta dosis vaksin Pfizer pada 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES