Peristiwa Nasional MPR Rumah Kebangsaan

Ketua MPR RI Dukung "Gerakan Dokter Semesta Melawan Covid-19" oleh IDI

Selasa, 20 Juli 2021 - 00:34 | 38.09k
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (FOTO: Dok. MPR RI).
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (FOTO: Dok. MPR RI).
FOKUS

MPR Rumah Kebangsaan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan menggandeng jaringan klinik swasta maupun dokter praktik mandiri yang jumlah mencapai lebih dari 30 ribu unit dan tersebar ke berbagai pelosok daerah, untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 terhadap berbagai kelompok masyarakat. Ini dilakukan untuk mempercepat pelayanan vaksinasi tanpa menimbulkan kerumunan.

"Kementerian Kesehatan bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga bisa memaksimalkan potensi dokter yang sedang menjalani internship, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 3.900 orang. Vaksinasi bisa dilakukan dengan cara door to door ke rumah warga. Selain itu, pemerintah pusat dan daerah juga harus menyiapkan tempat isolasi mandiri yang layak bagi para tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, sehingga mereka bisa cepat pulih dan kembali melayani masyarakat," ujar Bamsoet usai rapat virtual dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), di Jakarta, Senin (19/7/21).

Turut serta pengurus PB IDI, antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Zubairi Djoerban, Ketua Dewan Pakar Meladi Rasmin, Ketua Umum Daeng M Faqih, Wakil Ketua Umum 1 Muhammad Adib Khumaidi, Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Pukovisa Prawiroharjo, Ketua Umum Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David Perdanakusuma, Ketua Majelis Pengembangan Pelayanan Kedokteran Poedjo Hartono, Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia Emi Nurjasmi, dan Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia Nurul Falah Eddy Pariang.

Ketua DPR RI ke-20 ini berharap 'Gerakan Dokter Semesta Melawan Covid-19' yang diinisiasi IDI lebih masif dalam pelaksanaannya. Gerakan ini melibatkan sekitar 200.000 dokter di seluruh Indonesia, baik dokter umum maupun seluruh spesialis, untuk bersama menangani pasien Covid-19.

“Gerakan Dokter Semesta Melawan Covid-19 merupakan wujud semangat gotong royong para dokter untuk terlibat dalam penanganan Covid-19 sesuai kompetensinya masing-masing. Jika dokter saja bersedia gotong royong, sebagai warga negara yang baik, kita pun harus bersedia melakukan gotong royong dalam bentuk apapun guna menekan angka penyebaran Covid-19. Minimal bergotong royong mematuhi PPKM Darurat dengan tidak keluar rumah," kata Bamsoet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES