Kuliner

4 Tips Olah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk

Selasa, 20 Juli 2021 - 03:27 | 100.29k
Daging kambing dapat diolah dengan menu khas Idul Adha seperti tongseng,gule dan sate (FOTO: pinterest)
Daging kambing dapat diolah dengan menu khas Idul Adha seperti tongseng,gule dan sate (FOTO: pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTADaging kambing tidak mudah di olah seperti daging sapi karena daging ini mempunyai bau prengus khas kambing dan biasanya bertekstur keras atau alot.

Khususnya saat hari raya Idul Adha biasanya masyarakat mendapat daging kambing cukup untuk diolah sebagai makanan.

Daging-kambing-2.jpg

Menu favorit ketika Idul Adha tiba kebanyakan berbahan dasar daging kambing. Mulai dari tongseng, gule, gulai, hingga sate supaya daging kambing yang diolah tidak berbau prengus dan alot, simak 4 tips terbaik cara mengelola daging kambing agar tidak bau dan empuk.

1. Hindari mencuci daging sebelum diolah

Tidak mencuci daging mentah dengan air hal ini karena mencucinya justru akan membuat daging semakin alot dan berbau.

Bahkan, hal ini cenderung menyebabkan daging lebih cepat mengalami pembusukan. Untuk membersihkannya, cukup rebus daging dengan air mendidih dan buang air sisa kotorannya. Jika tak ingin langsung mengolahnya, kamu bisa menyimpan daging di kulkas agar lebih awet.

2.Daun pepaya dan nanas

Cara mengolah daging kambing supaya empuk adalah dengan daun pepaya dan nanas. Daun pepaya mengandung zat papain yang membuat daging empuk tanpa perlu dimasak lama. Tak perlu dicuci, cukup remas dan bungkus daging kambing yang sudah dipotong lalu bungkus dengan daun pepaya. Diamkan hingga satu jam. Lalu siap untuk diolah

Selain daun pepaya, nanas juga sering digunakan untuk mengempukkan daging kambing. Haluskan nanas dan balurkan pada potongan daging kemudian diamkan kurang lebih 15 menit, ini akan membuat daging empuk dengan rasa gurih.

3. Hilangkan lemak pada daging

Daging kambing yang sehat adalah dengan menghilangkan lapisan lemak yang menempel pada daging. Hilangkan lemak yang menempel pada daging dengan menggunakan pisau diluar daging, lemak tersebut jika tidak dihilangkan maka bau nya tidak akan hilang.

4. Olah dengan rempah beraroma kuat

Untuk menutupi aroma prengus atau bau khas kambing, anda juga bisa memasak daging dengan menggunakan rempah beraroma tajam.

Aroma rempah akan menutupi bau prengus dengan efektif.

Contoh rempah yang dapat kamu gunakan yakni jahe, kunyit, dan lainnya.

Tak hanya menutupi bau prengus, tekstur daging juga bisa lebih empuk jika diolah dengan rempah nusantara ini sekaligus memberikan cita rasa yang kaya.

4 tips ini cukup mudah untuk membuat Daging kambing memiliki cita rasa yang enak saat disantap dengan masakan apapun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES