Indonesia Positif

BPKP Malut Kawal Penyaluran Bantuan Beras di Kota Ternate

Senin, 19 Juli 2021 - 15:44 | 40.39k
Foto bersama Kepala BPKP Malut, Wali Kota Ternate, Kepala Bulog Ternate, bersama keluarga penerima manfaat PKH. (Foto: Aprillia for TIMES Indonesia)
Foto bersama Kepala BPKP Malut, Wali Kota Ternate, Kepala Bulog Ternate, bersama keluarga penerima manfaat PKH. (Foto: Aprillia for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Perwakilan BPKP Malut (Provinsi Maluku Utara) bersama Pemerintah Kota Ternate melakukan Pengawasan penyaluran bantuan beras oleh Bulog Ternate.

Hal itu ditegaskan pada agenda Peluncuran Bantuan Beras Bulog untuk Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (KPM BLT) dan PKH (Program Keluarga Harapan) di Gudang Bulog Ternate, Senin (19/7/2021).

Agenda ini diselenggarakan dalam rangka penerapan PPKM serta antisipasi perpanjangan PPKM darurat yang akan segera diputuskan oleh pemerintah, serta menindaklanjuti instruksi Presiden agar bantuan sosial segera disalurkan hari ini. 

Peluncuran ini dihadiri oleh Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo,  Kepala Dinas Sosial Kota Ternate Burhanuddin Abdul Kadir, Kepala Subdivre Bulog Ternate Armin Banjar, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Ternate.

Kepala Subdivre Bulog Ternate, Armin Banjar menyampaikan hambatan yang ada dalam penyaluran bantuan beras, yaitu pendistribusian Surat Kemensos ke Perum BULOG  yang tidak bersamaan dengan surat kemensos ke Dinsos Prov/Kab/Kota serta para Pendamping PKH maupun Pencatat BST. 

"Selain itu, hambatan yang dihadapi lainnya yaitu adanya perbedaan data KPM penerima antara data Dinsos dan Bulog sehingga hal ini akan secepatnya dilakukan cleansing dan bantuan beras dapat segera disalurkan,"ujar Armin

Armin menambahkan bahwa, dalam menghadapi hambatan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos Prov/Kab/Kota serta tenaga pendamping, namun sampai saat ini belum terdapat arahan ataupun Juknis pelaksanaan.

Sehingga penyaluran diminta untuk ditunda serta akan melaksanakan koordinasi lanjutan dengan Gubernur, Walikota dan Bupati, agar bisa ada solusi pelaksanaan penyaluran bantuan. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto berkomitmen untuk ikut mengawasi penyaluran sesuai dengan amanat presiden. 

Aryanto menambahkan bahwa BPKP akan membantu mengkoordinasikan hambatan tersebut agar penyaluran dapat tersebar dalam skala luas. "Penyaluran ini harus sesuai dengan akuntabilitas," ujar Aryanto di sela-sela acara 

Pada kesempatan ini Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman berharap bahwa bantuan yang disalurkan ini dapat bermanfaat untuk para warga yang terdampak Covid-1. 

"Semoga penyaluran ini akan berjalan dengan lancar, dan masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik ditengah pandemi Covid-19 ini," pungkasnya. Di akhir agenda bersama BPKP Malut ini dilakukan penyerahan secara simbolis ke beberapa warga Kota Ternate. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES