Peristiwa Daerah PPKM Darurat

Masjid Agung Jami Malang Tiadakan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Kurban

Senin, 19 Juli 2021 - 15:30 | 69.44k
r Masjid Agung Jami' Malang telah terpasang banner pengumuman terkait peniadaan Shalat Idul Adha di tahun 2021. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
r Masjid Agung Jami' Malang telah terpasang banner pengumuman terkait peniadaan Shalat Idul Adha di tahun 2021. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
FOKUS

PPKM Darurat

TIMESINDONESIA, MALANGMasjid Agung Jami Malang secara resmi telah mengumumkan tak menggelar Shalat Idul Adha secara umum. Ini dilakukan terkait kebijakan PPKM Darurat dan SE Kementerian Agama no 17 tahun 2021 tentang pelaksanaan Idul Adha.

Pihak Masjid Agung Jami telah memasang papan pengumuman untuk memberi tahu masyarakat bahwa Shalat tahun ini ditiadakan. ini.

"Kami hanya terbatas untuk warga masjid saja. Seperti marbot, takmir dan karyawan. Untuk umum kita tidak ada," ujar Takmir Masjid Agung Jami' Malang, Mahmudi Muhid saat dihubungi TIMES Indonesia, Senin (19/7/2021). Tak hanya Shalat Ied yang ditiadakan, penyembelihan kurban untuk tahun ini juga ditiadakan.

"Ini kondisi belum memungkinkan. Kurban juga tidak kita adakan. Kita minta jamaah untuk menyadari itu. Kita beribadah di rumah. Kita berdoa di rumah berasama keluarga inti. Semoga wabah ini segera selesai. Kita saling menjaga itu," ungkapnya.

Muhid menambahkan, Masjid Agung Jami memohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Kota Malang dengan keadaan seperti ini, mau tidak mau harus ditaati guna mensukseskan target pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Malang.

Sementara, untuk malam takbir, kata Mahmudi, Masjid Agung Jami' hanya akan menggelar dengan lima orang pilihan saja. Itupun juga dilakukan melalui radio yang diminta pada pukul 21.00 WIB nanti sudah terselesaikan.

"Ada tapi gak lama. Ini hanya lima orang pilihan saja yang sudah kita antisipasi," tandasnya.

Sebagai informasi, Wali Kota Malang, Sutiaji mengimbau masyarakat untuk melakukan ibadah Shalat Ied dalam perayaan Idul Adha di tahun 2021 ini bisa dikediaman masing-masing.

Lalu, untuk pelaksanaan kurban, Pemkot Malang telah memerintahkan Dispangtan Kota Malang untuk memantau secara langsung penyembelihan yang diimbau bisa dilaksanakan di RPH. Selain itu, para petugas juga diminta untuk bisa menunjukan hasil Swab maupun sudah di vaksinasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES