Peristiwa Internasional

Area Kebakaran di Amerika Serikat Melebihi Luas Hong Kong

Senin, 19 Juli 2021 - 11:00 | 52.65k
Angin kencang dan kering, cuaca panas menyebabkan puluhan area hutan terbakar serta  menghanguskan bentangan luas Oregon, California dan negara bagian barat lainnya.(FOTO: Reuters)
Angin kencang dan kering, cuaca panas menyebabkan puluhan area hutan terbakar serta  menghanguskan bentangan luas Oregon, California dan negara bagian barat lainnya.(FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – The Bootleg Fire di Oregon, kebakaran hutan terbesar yang berkobar di Amerika Serikat, terus merembet ke utara dan timur hingga mencapai luas hampir 468 mil persegi (1.212 kilometer persegi), area yang digambarkan lebih besar dari Hong Kong.

"Cuaca benar-benar tidak mendukung kami,"  kata Kepala Bagian Operasi di Departemen Kehutanan Oregon (ODF), John Flannigan, seperti dilansir Reuters.

Dia mencatat, semua faktor cuaca negatif untuk petugas pemadam kebakaran dan positif untuk kebakaran.

Tidak ada kelegaan yang terlihat. Layanan Cuaca Nasional mengatakan di Twitter bahwa beberapa hari mendatang di barat AS akan melihat kondisi cuaca kebakaran yang meningkat dan kritis dan peluang semakin luas untuk badai petir kering.

Api Bootleg, yang dimulai tepat di utara garis negara bagian California, masih terkendali 22%, sama seperti hari sebelumnya.

Lebih dari 2.000 personel pemadam kebakaran dikerahkan sekelilingnya dalam upaya untuk menjaga agar api tidak tumbuh terlalu cepat.

ODF mengatakan, Bootleg mengancam lebih dari 3.100 rumah, dan sejauh ini telah menghancurkan 67 rumah. Pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kebakaran.

Kebakaran-Hutan-Amerika-2.jpgPara petugas berusaha keras melokalisir kobaran api, meski hasilnya tidak seperti yang diharapkan karena kencangnya angin yang bertiup dan keringnya lahan.(FOTO:Reuters)

"Di California, kebakaran Dixie, yang terbesar di negara bagian itu, juga terus berkobar ke arah timur laut di daerah terpencil yang sulit dijangkau," kata para pejabat.

Kebakaran hutan itu, yang telah membakar lebih dari 23 mil persegi (59,5 kilometer persegi) dan masih 15% nya yang terkendali, telah mendorong perintah evakuasi untuk distrik Plumas.

"Kebakaran Tamarack yang dipicu oleh petir pada 4 Juli lalu juga  telah berkembang menjadi 28,5 mil persegi (74 kilometer persegi) dan tetap masih belum terkendali,"  tambah pihak berwenang. Api terletak sekitar 18 mil tenggara Danau Tahoe.

Evakuasi wajib dari beberapa kota kecil dan daerah lain di jalur api telah memaksa ratusan orang meninggalkan rumah mereka.

Kebakaran hutanterbesar yang berkobar di Amerika Serikat kali kini terus merembet ke utara dan timur hingga mencapai luas hampir 468 mil persegi (1.212 kilometer persegi), area yang digambarkan lebih besar dari luas area Hong Kong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES