Peristiwa Daerah

IDI Bondowoso Beri Layanan Konsultasi Gratis Via WA untuk Pasien Isolasi Mandiri

Minggu, 18 Juli 2021 - 18:25 | 54.39k
Ilustrasi Pasien isolasi mandiri. Mereka harus menyiapkan beberapa hal dan membekali diri dengan pengetahuan terkait Covid-19. (Foto: gettyimages)
Ilustrasi Pasien isolasi mandiri. Mereka harus menyiapkan beberapa hal dan membekali diri dengan pengetahuan terkait Covid-19. (Foto: gettyimages)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Bondowoso memberikan layanan konsultasi gratis secara online melalui whatsapp, kepada ratusan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bondowoso per 18 Juli 2021, ada 514 orang atau 71 persen yang menjalani isoman. 

Mereka tersebar hampir di seluruh wilayah Bondowoso. Tiga wilayah tertinggi secara berurutan yakni di kawasan seputar Puskesmas Kademangan sebanyak 55 orang, Prajekan 53 dan Nangkaan 50 orang. 

IDI menyebarkan layanan konsultasi tersebut melalui poster di media sosial. Berikut disertakan nomor-nomor dokter yang siap melayani.

Ada total 11 dokter yang dibagi dalam jam tertentu untuk memberikan layanan konsultasi gratis. 

Yakni pada pukul 06.00-08.00 WIB pagi, 16.00-20.00 WIB. Selanjutnya, 19.00 - 21.00 WIB dan pukul 21.00 hingga 22.00 WIB. 

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten, Mohammad Imron mengatakan para pasien Covid-19 yang tengah Isoman bisa berkonsultasi kepada para dokter yang nomornya telah tercantum di poster. 

"Mereka akan memberikan petunjuk terhadap hal-hal yang harus dilakukan. Nama-nama yang sudah ada, dibagikan itu bisa disebarluaskan," katanya. 

Ketua IDI Kabupaten Bondowoso dr. Slamet Santoso mengatakan, pihaknya menginisiasi gerakan IDI Peduli ini karena melihat kasus  Covid-19 yang semakin membludak. Sepertinya kata dia, masyarakat sangat membutuhkan konsultasi supaya tidak panik.

"Utamanya bagaimana seharusnya perlakuan isolasi mandiri dengan gejala yang bervariasi," katanya, Minggu (18/7/2021).

Konsultasi itu, lanjut dia, dimaksudkan agar masyarakat juga tidak terjebak dalam pengobatan-pengobatan yang tidak direkomendasikan. 

Menurutnya, masyarakat sejauh ini sangat antusias untuk berkonsultasi. Di hari pertama  pada 16 Juli 2021, sudah ada puluhan masyarakat yang berkonsultasi. 

"Rata-rata keluhannya seperti masih ada batuk dan pilek, apa yang harus dilakukan. Banyak lagi keluhan lainnya," jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, IDI melayani konsultasi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Slamet menyebut tak punya target waktu hingga kapan konsultasi dibuka.

"Terpenting sampai selesai pandemi ini. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," harapnya. 

Pria akrab disapa dokter Slamet ini mengaku bahwa bukan hanya 11 dokter saja yang memberikan pelayanan. Melainkan dokter lain yang tergabung di IDI pun juga bisa turut memberikan pelayanan konsultasi via online ke masyarakat. 

Namun demikian pihaknya tak bisa memaksakan teman-teman anggota yang tak berkenan. Adapun anggota IDI saat ini mencapai sekitar 135 orang. 

"Saya berharap masyarakat terutama yang isolasi mandiri bisa memanfaatkan layanan konsultasi online IDI Bondowoso ini," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES