Pendidikan

Membina Karakter Profesional Karyawan Muslim Melalui Tasawuf

Minggu, 18 Juli 2021 - 11:37 | 11.39k
Membina Karakter Profesional Karyawan Muslim Melalui Tasawuf
A. Sulaeman, Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Malang.
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembinaan terhadap sumber daya manusia dalam suatu perusahaan untuk membentuk potensi dan kompetensi tidak bisa lepas dari proses latihan dan pengembangan. Ada yang menyatakan bahwa pembinaan merupakan usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan pegawai atau sebagai proses peningkatan mutu karyawan dalam aspek kinerjanya.

Pengetahuan dan keahlian mestinya identik dengan kemajuaan dan kebaikan, tetapi bila tidak didasari nilai-nilai moral akan bisa berbalik menjadi kerusakan dan kesengsaraan. Manusia saat ini telah mengalami kesenjangan-kesenjangan nilai yang menjurus pada aspek demoralisasi kemanusiaan, sehingga perilaku serta sikap yang muncul lepas dari kodrat kemanusiaannya sendiri.

Perilaku-perilaku tersebut secara gamblang bisa dilihat di atas pentas kehidupan sehari-hari seperti kasus korupsi, kerja tidak produktif, dan cenderung tidak amanah dalam mengemban tangung jawab dan tugas perusahaan. 

Menyadari akan hal tersebut di atas maka PT Telkom Purwokerto terus berusaha membentuk karakter kepada sumber daya manusianya melalui proses internalisasi nilai-nilai islami (tasawuf) dapat mencerminkan sebagai makhluk sosial serta sebagai makhluk Tuhan secara bersamaa.

Tasawuf di sini sebagai pola pikir dan pola laku. Bukan tasawuf sebagai organisasi tarekat. Akan tetapi tasawuf yang dikembangkan PT Telkom perlu memiliki panduan sehingga menjadikannya sebagai budaya organisasi, yang mudah, possible, simpel dan praktis untuk diterapkan, menyenangkan dan fashionable untuk dilaksanakan, serta menjadikan tasawuf sebagai pilihan dan life style komunitas profesional. 

Mengetahui akan usaha yang terus dilakukan oleh PT. Telkom Purwokerto tersebut membuat A. Sulaeman yang sedang menempuh program Doktor Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Malang tersebut menjadikan Tasawuf yang ada di perusahaan tersebut menjadi sebuah penelitian disertasi. 

Mahasiswa yang akrab dipanggil Pak Leman ini menjelaskan bahwa metode tasawuf yang dipakai adalah tasawuf al-Ghazali, yaitu Takhalli dimana mengkosongkan atau membersihkan diri dari sifat-sifat tercela dan dari kotoran penyakit hati yang merusak, mengisi hati dengan segala sifat terpuji, serta memperoleh nur Ilahi di dalam hati yang telah berisi dengan sifat-sifat terpuji dan bebas dari sifat tercela. 

Langkah-langkah yang dilakukan PT Telkom Purwokerto menggunakan konsep gambaran mental dari obyek, proses, pendapat (paham), rancangan (cita-cita) yang telah dipikirkan. Gambaran konsep yang dijadikan rancangan kegiatan di PT Telkom Purwokerto meliputi, latar belakang pembinaan untuk membentuk sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani yang diperlukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Lalu maksud dan tujuan pembinaan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan value dan produktivitas kerja karyawan.

Berikutnya pembinaan ruang lingkup di mana pembinaan mental/rohani menurut agama dan kepercayaan masing-masing sehingga sasaran pembinaannya adalah karyawan pada khususnya, keluarga dan tidak menutup kemungkinan mengikutsertakan pensiunan Telkom.

Penelitiann yang akan diujikan dalam Sidang Promosi Doktor pada Senin 19 Juli 2021 ini menjelaskan bahwa proses pembinaan meliputi pelaksaaan kegiatan pembinaan dilaksanakan secara rutin seminggu sekali, kegiatan incidental melalui peringatan Hari-hari Besar keagamaan maupun Hari-hari Besar Nasional dan kegiatan khusus di bulan Ramadhan.

Pemateri adalah para ustad dengan mendatangkan dari bebagai wilayah yang memiliki kompetensi terhadap materi pembinaan yang sudah dicanangkan. Pemateri dari pimpinan dilaksanakan dengan mengacu pada rencana yang ada di buku panduan.

Pemateri dari karyawan dilakukan dengan meminta salah satu karyawan untuk memandu diskusi tentang materi pembinaan yang ada di buku panduan. Proses berikutnya adalah penyampaian materi pembinaan sesuai buku panduan di PT Telkom meliputi; Bekerja Bismillāh, Bekerja Lillāh, Bekerja Ma’allāh, Bekerja Billāh dan Bekerja Bil Mahabbah.

Metode pembinaan berupa ceramah, diskusi, tadarus, zikir dll. Kemudian yang terakhir evaluasi pembinaan yaitu merupakan kegiatan untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan suatu kegiatan yang telah dilaksanakan setiap akhir periode pembinaan.

Output atau hasil pembinaan karakter adalah terbentuknya karakter “Ihsan”, yaitu menjadi Muslim-Muslimah profesional yang terbaik kerjanya dan terbaik kontribusinya kepada kinerja perusahaan untuk menjadikan perusahaannya menjadi perusahaan terbaik sebagai bagian dari wujud ibadah kepada Allah SWT.

“Implikasi pembinaan karakter karyawan yang saya dapatkan ada dua, yaitu implikasi pembinaan karyawan bagi perusahaan dan bagi karyawan diman implikasi pembinan bagi perusahaan adalah meningkatkan produktivitas kerja karyawan ditandai dengan meningkatnya perolehan laba dari tahun ke tahun tercipta lingkungan serta suasana kerja yang harmonis, dan nilai-nilai budaya perusahaan menjadi lebih baik," ungkap Sulaeman.

Sedangkan implikasi terhadap karyawan meliputi menguatnya karakter jujur dengan indikasi bersungguh-sungguh dalam bekerja, melaporkan pekerjaan dengan sebenar-berarnya, dan tidak mau menerima gratifikasi dalam bekerja.

Menguatkan karakter disiplin dengan indikasi masuk kerja sesuai jadwal yang telah ditentukan, mengoptimalkan waktu dalam bekerja, tidak menunda pekerjaan, meningkatkan prestasi kerja, bersungguh-sungguh mencurahkan tenaga dan pikiran dalam bekerja, dan lebih bersemangat dalam bekerja.

Menguatkan karakter kerja sama dengan indikasi kerja sama antar karyawan dalam bekerja, saling membantu dalam bekerja, dan saling bertukar pengalaman dalam bekerja. Menguatkan karakter kerja keras dengan indikasi cakap tanggap dalam pekerjaan yang diberikan perusahaan, menambah ketrampilan dalam bekerja, dan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh perusahaan secara tuntas.

Menguatkan karakter komunikatif dengan indikasi saling terbuka dalam permasalahan yang dihadapi, saling percaya antara karyawan satu dengan lainnya serta dan mampu menghargai orang lain dalam bekerja.

Sulaeman menyadari bahwa penelitian yang ia lakukan masih belum sempurna dan perlu adanya peelitian lanjutan yang sebih mendetail. Terutama dalam pembelajaran melalui Tasawuf.

“Itu sebabnya semoga nanti para peneliti sebelumnya dapat lebh menyempurnakan kajian serta pendalaman terkait penggunaan metode tasawuf dalam pembinaan karakter sumber daya manusia.” (*) Uj
 



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Persela Berencana Kembali Latihan Akhir Juli
    Persela Berencana Kembali Latihan Akhir Juli
    23/07/2021 - 22:55
  • Jelang Usia Produktif, PKB Tingkatkan Kapasitas Kader di Era Digital
    Jelang Usia Produktif, PKB Tingkatkan Kapasitas Kader di Era Digital
    23/07/2021 - 22:43
  • Rizal Ramli Saksi Pemakzulan Gus Dur, Mega Sempat Nangis Tersedu
    Rizal Ramli Saksi Pemakzulan Gus Dur, Mega Sempat Nangis Tersedu
    23/07/2021 - 22:40
  • Kali Pertama Pada Olimpiade Tokyo 2020 NOC Diberi Kesempatan Bawa Bendera
    Kali Pertama Pada Olimpiade Tokyo 2020 NOC Diberi Kesempatan Bawa Bendera
    23/07/2021 - 22:37
  • Sensasi Plong, Terapi Uap Kayu Putih di Alas Cafe Ngawi
    Sensasi Plong, Terapi Uap Kayu Putih di Alas Cafe Ngawi
    23/07/2021 - 22:31

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Pendidikan Islam dalam Pandangan Salafi di Pondok Pesantren As-Salafiyah Medan
    Pendidikan Islam dalam Pandangan Salafi di Pondok Pesantren As-Salafiyah Medan
    23/07/2021 - 05:41
  • Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus
    Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus
    23/07/2021 - 05:34
  • Peran Perempuan dalam Sustainability Sumber Daya Alam
    Peran Perempuan dalam Sustainability Sumber Daya Alam
    22/07/2021 - 18:50
  • PHK Meningkat Dampak PPKM Darurat
    PHK Meningkat Dampak PPKM Darurat
    22/07/2021 - 14:36
  • PPKM Darurat, UMKM Sekarat?
    PPKM Darurat, UMKM Sekarat?
    22/07/2021 - 13:20
  • Celana Robek
    Celana Robek
    22/07/2021 - 11:33
  • Pembelajaran Pendidikan Ismuba Berbasis Multitalenta
    Pembelajaran Pendidikan Ismuba Berbasis Multitalenta
    22/07/2021 - 10:25
  • Makna Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Muhammadiyah
    Makna Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Muhammadiyah
    22/07/2021 - 10:23

KULINER

  • 6 Tips Olah Daging Kurban Praktis dan Nikmat Ala Chef Juna
    6 Tips Olah Daging Kurban Praktis dan Nikmat Ala Chef Juna
    20/07/2021 - 11:55
  • 4 Tips Olah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk
    4 Tips Olah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk
    20/07/2021 - 03:27
  • Pakar Kuliner: Indonesia Memiliki 104 Jenis Nasi Goreng
    Pakar Kuliner: Indonesia Memiliki 104 Jenis Nasi Goreng
    17/07/2021 - 09:22
  • Ini Resep Olahan Sehat Kambing Ala Quest Hotel Darmo Surabaya
    Ini Resep Olahan Sehat Kambing Ala Quest Hotel Darmo Surabaya
    16/07/2021 - 12:43
  • Terinspirasi Drakor, Mahasiswa Ubaya Bagikan Resep Kimchi Sehat
    Terinspirasi Drakor, Mahasiswa Ubaya Bagikan Resep Kimchi Sehat
    15/07/2021 - 12:31