Kesehatan

Mudah Didapatkan, Lima Bahan Makanan Ini Kaya Manfaat

Minggu, 18 Juli 2021 - 05:22 | 76.89k
ILUSTRASI - Bahan makanan. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Bahan makanan. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahukah Anda bahan makanan yang mudah kita peroleh dan hampir selalu ada di rumah, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh? Bahan makanan tersebut telah terbukti menjadi salah satu pangan fungsional yang mampu mendukung kesehatan tubuh. Apa saja bahan makanan tersebut? Berikut ulasannya dilansir dari Dokter Sehat.

1. Tomat

Tomat-2.jpgFOTO: YesDok

Suatu penelitian menujukkan bahwa tomat mampu mengurangi risiko kanker dengan memberikan efek antioksidan dari likopen dan betakaroten. Manfaat tomat tersebut mampu melindungi prostat, payudara, pencernaan, mulut rahim dan kantung kemih. Kedua kandungan utama tomat tersebut juga diteliti mampu menguranti infark miokardi di jantung.

2. Bawang Putih

bawang-putih.jpgFOTO: Alamy Stock Photo

Bawang putih memiliki manfaat sebagai antibiotik, pengontrol tekanan darah dan penurun kolesterol. Konsumsi bawang putih memengaruhi beberapa fungsi enzimatik pada tubuh. Manfaat bawang putih tersebut mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Brokoli

brokoli.jpg

Kandungan Indole-3-carbinol pada brokoli diteliti mampu memberikan manfaat sebagai antikanker. Senyawa tersebut bekerja dengan memengaruhi pembentukan hormon.

4. Buah-buahan yang Asam

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah yang asam, misalnya jeruk, lemon dan grapefruit memberikan berbagai zat gizi yaitu vitamin C, asam folat dan serat yang terbukti memberikan kekebalan tubuh. Selain itu buah-buahan yang asam memiliki kandungan limonoids yang merupakan zat fitokimia yang mampu mencegah kanker.

5. Teh

Teh terbukti memiliki kandungan polifenol dan katekin yang merupkan antikosidan yang baik untuk mencegah kanker. Beberapa studi juga menunjukkan konsumsi teh mampu mencegah penyakit jantung melalui berbagai turunan bentuk polifenolnya.

Bahan makanan di atas cukup mudah kita peroleh. Jadi, jangan abaikan bahan makanan yang ada di sekitar kita. Bisa jadi bahan makanan tersebut kita butuhkan suatu saat nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES