Olahraga

Warga Jepang Ramai-ramai Tinggalkan Indonesia, Apa Kabar Nasib Taisei Marukawa?

Sabtu, 17 Juli 2021 - 20:03 | 110.79k
Taisei Marukawa (masker putih) saat diperkenalkan kepada tim pada awal bulan Juni lalu. (FOTO: Persebaya.id)
Taisei Marukawa (masker putih) saat diperkenalkan kepada tim pada awal bulan Juni lalu. (FOTO: Persebaya.id)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pemerintah Jepang resmi memulangkan warganya dari Indonesia sejak Rabu (14/7/2021) pagi sebagai respons atas tingginya lonjakan kasus Covid-19 di tanah air. Keadaan tersebut membuat pemain sayap Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa gundah.

"Benar memang diimbau untuk meninggalkan Indonesia. Tapi bukan panggilan pribadi (paksaan). Mereka yang mau bisa menghubungi perwakilan pemerintah Jepang dan akan diberikan fasilitas untuk pulang," ungkap Taisei dalam laman resmi klub.

Sejatinya, pemain bernomor punggung 10 itu memilih untuk bertahan di Indonesia. Sembari menanti keputusan kompetisi Liga 1 2021 yang tak kunjung jelas.

Taisei Marukawa 2

"Saya tidak bisa memutuskan sekarang. Karena saya tidak tahu kapan kompetisi dimulai. Lagipula kita juga masih melakukan latihan. Jadi saya di sini saja dulu," kata mantan pemain Senglea Athletic ini.

Apalagi, pemain yang mengidolakan Messi ini selama berada di Surabaya tidak berpergian kemana-mana. Kondisi kesehatannya pun juga tetap terpantau oleh tim medis.

"Di sini sebenarnya cukup aman karena saya tidak pernah keluar apartemen selain untuk latihan. Kesehatan dan makanan juga dipantau oleh dokter dan chef tim. Jadi sebenarnya tidak masalah," jelasnya.

Tak Boleh Vaksin dari China

Kendati demikian di sisi lain, Taisei hingga hari ini belum mendapatkan vaksinasi. Bukan klub tak menyediakan, pria kelahiran 30 Januari 1997 itu punya pertimbangan lain menyangkut kepentingan negaranya.

"Saya harus benar-benar mempertimbangkan dengan baik vaksin. Karena jika saya mendapatkan vaksin yang berasal dari China, maka pemerintah Jepang tidak akan memberikan jatah vaksin kepada saya. Jadi kemungkinan besarnya saya pilih untuk melakukan vaksinasi di Jepang," tutup Taisei Marukawa, pemain asing Persebaya asal negeri Sakura. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES