Olahraga Olimpiade Tokyo 2020

Seorang Pengunjung di Wisma Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Positifi Covid-19

Sabtu, 17 Juli 2021 - 15:22 | 23.69k
Seorang wanita berjalan melewati papan nama Olimpiade Tokyo 2020 di Pusat Pers Utama selama wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Tokyo, Jepang, 16 Juli 2021.(FOTO: Reuters)
Seorang wanita berjalan melewati papan nama Olimpiade Tokyo 2020 di Pusat Pers Utama selama wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Tokyo, Jepang, 16 Juli 2021.(FOTO: Reuters)
FOKUS

Olimpiade Tokyo 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah seorang pengunjung dari luar negeri di wisma atlet yang terlibat dalam kegiatan Olimpiade Tokyo 2020, terdeteksi positif Covid-19 dan yang bersangkutan langsung di isolasi di sebuah hotel.

Kasus pertama ini, seperti dilansir Reuters, dikonfirmasi CEO Olimpiade Tokyo 2020, Toshiro Muto, Sabtu (17/7/2021), yang kemudian menimbulkan keraguan baru atas janji-janji aman dari Covid-19.

Juru bicara panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Masa Takaya mengatakan, orang tersebut telah dipindahkan dari wisma atlet dan ofisial tersebut. "Saat ini orang tersebut dikurung di hotel," kata Takaya.

Ketua Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Seiko Hashimoto menambahkan, pihaknya akan melakukan segala upaya untuk mencegah wabah Covid-19. "Jika kami berakhir dengan wabah, kami akan memastikan kami memiliki rencana untuk merespons," katanya.

Tokyo-2.jpgWisma atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang berupa gedung-gedung bertingkat. (FOTO:CNN/Reuter)

Wisma atlet merupakan tempat sebagian besar mereka yang akan berlaga di pesta olahraga se jagad itu berdomisili.

Pengunjung yang jati diri kebangsaannya tidak diungkapkan itu terdeteksi hari Jumat, ketika dilaksanakan tes rutin.

Seiko Hashimoto juga mengakui kekhawatiran publik. "Saya mengerti bahwa masih banyak faktor yang mengkhawatirkan. Penyelenggara harus berusaha memastikan bahwa orang-orang akan mengerti bahwa permainan ini aman dan terjamin," katanya dalam konferensi pers hari Sabtu.

Sejauh ini, lebih dari 40 orang yang terlibat dalam Olimpiade Tokyo 2020 termasuk warga negara dalam dan luar negeri, telah dinyatakan positif. Kasus terbaru yakni terdeteksinya pengunjung yang terlibat acara Olimpiade Tokyo 2020 yang pertama di wisma atlet seluas 44 hektar di tepi laut Tokyo, di mana mayoritas dari 11.000 atlet peserta tinggal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES