Pemerintahan PPKM Darurat

PPKM Darurat, Pemkab Jombang Imbau Warga Takbiran dan Shalat Idul Adha di Rumah

Sabtu, 17 Juli 2021 - 09:53 | 47.94k
Ilustrasi Shalat Idul Adha di Rumah (FOTO: thestar.com.my)
Ilustrasi Shalat Idul Adha di Rumah (FOTO: thestar.com.my)
FOKUS

PPKM Darurat

TIMESINDONESIA, JOMBANGPemkab Jombang, Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan takbiran dan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli mengatakan, karena masih dalam masa PPKM Darurat, pihaknya mengimbau saat perayaan hari raya Idul Adha cukup merayakan di rumah saja.

"Cukup takbiran dan shalat sunnah Idul Adha di rumah saja. Tidak boleh ada takbir keliling dan kegiatan yang sifatnya menimbulkan kerumunan," katanya, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (17/7/2021).

Menurutnya, imbauan tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Jombang, Nomor :100/427/415.10.1.3/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Surat edaran tersebut juga teregulasi dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Shalat Idul Adha bSekda Jombang, Akhmad Jazuli (Foto : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Terakhir, regulasinya terhadap Instruksi Menteri Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia tanggal 2 Juli 2021, Nomor : SE. 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadahan Di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Semua sudah ada dalam undang-undang yang mengatur mengenai regulasi tersebut. Saya harap masyarakat bisa memaklumi dan bisa menjalankan aturan tersebut," jelasnya.

Kendati demikian, Akhmad Jazuli berpesan, agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meskipun sudah vaksin dan sebagainya masyarakat harus tetap waspada diri dan menjaga diri.

"Mari tetap tingkatkan disiplin protokol kesehatan agar semua terhindar dari wabah ini," harapnya memungkasi imbauan Pemkab Jombang terkait takbiran dan shalat Idul Adha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES