Gaya Hidup

Manfaat Kandungan Niacinamide dalam Produk Skin Care

Sabtu, 17 Juli 2021 - 11:00 | 193.06k
Manfaat niacinamide bagi kulit wajah. (Foto: Pinterest)
Manfaat niacinamide bagi kulit wajah. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTASkin care atau perawatan wajah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini terutama kaum hawa. Perawatan tersebut memiliki langkah yang berbeda di waktu yang berbeda pula.

Sebagai contoh perawatan yang wajib dipakai pagi hingga siang hari adalah sunscreen atau sunblock¸atau tabir surya lainnya.

Sedangkan untuk malam hari juga tidak lupa dianjurkan untuk memakai krim malam. Urutan mengaplikasikan perawatan pada umumnya adalah dimulai dari sabun wajah, toner, serum pelembab, sunscreen¸ dan make up.

Hanya saja untuk malam hari tidak diperlukan sunscreen atau tabir surya melainkan menggunakan krim malam. Pada tahapan dalam memakai perawatan, setiap produk memiliki kandungan-kandungan sendiri yang paling menonjol. Salah satu contohnya adalah kandungan niacinamide. 

Niacinamide merupakan kandungan dalam produk perawatan dan kecantikan yang memiliki vitamin B3. Vitamin B3 merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk tubuh yakni menjaga sistem pencernaan, kulit, bahkan kesehatan mental.

Oleh karena itu, niacinamide sangat diburu oleh wanita ketika ingin memperbaiki kulit wajahnya. Beberapa manfaat niacinamide dalam skin care antara lain: 

1. Melembabkan Kulit Wajah

Niacinamide dipercaya juga dapat menjaga kelembaban diwajah karena ada kandungan ceramide. Kandungan tersebut akan bekerja dengan menghalangi lemak sehingga wajah akan tetap lembab. Selain itu, protein dalam niacinamide juga akan mengunci kelembaban dan menjaga agar wajah tidak rusak akibat lingkungan. Manfaat niacinamide akan dapat dirasakan oleh semua kulit wajah terutama yang memiliki kulit yang cenderung sudah menua. 

2. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Niacinamide yang diaplikasikan kewajah dipercaya akan lebih banyak memproduksi kolagen dan hal ini dapat membuat noda hitam bekas jerawat akan tersamarkan. Diketahui manfaat ini akan dapat dilihat kurang lebih setelah empat minggu pemakaian namun juga tidak lebih dari dua bulan. 

3. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Pada manfaat sebelumnya, telah dijelaskan bahwa niacinamide juga dapat menjadi ‘obat’ untuk tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan salah satunya muncul kerutan pada kulit. Hal tersebut bisa juga disebabkan paparan sinar matahari sehingga menyebabkan kerusakan pada kulit. Dengan pengaplikasian niacinamide akan membantu menyamarkan serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus. 

4. Mengecilkan Pori-pori Kulit

Niacinamide dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit wajah. Dengan terjaganya kelembaban maka keadaan wajah tidak akan menjadi kering, terlalu berminyak dan juga kusam. Selain itu, terjaganya kelembaban juga karena produksi minyak yang tidak terlalu berlebihan. Oleh karenanya, niacinamide juga bekerja untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. 

Itulah manfaat niacinamide yang dapat dirasakan dan terdapat dalam produk skin care. Akan tetapi, niacinamide digunakan juga tergantung kebutuhan. Namun tidak menutup kemungkinan juga dapat dijadikan sebagai skin care atau perawatan wajah sehari-hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES