Kuliner

Pakar Kuliner: Indonesia Memiliki 104 Jenis Nasi Goreng

Sabtu, 17 Juli 2021 - 09:22 | 93.67k
Nasi Goreng. Makanan asli Indonesia. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Nasi Goreng. Makanan asli Indonesia. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPakar kuliner nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Dwi Larasatie Nur Fibri menyebut, nasi goreng merupakan makanan yang unik dan spesial karena banyak sekali ragamnya.

"Setidaknya ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lainnya merupakan jenis nasi goreng pengembangan yang tidak bisa ditelusur daerah asalnya," katanya dikutip dari laman UGM, Sabtu (17/7/2021).

Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini menyampaikan, nasi goreng merupakan salah satu kuliner unggulan Indonesia selain sate, soto, rendang, dan gado-gado yang bisa dinikmati berbagai kalangan.

Nasi goreng ini memiliki cita rasa mendunia karena rasanya dapat diterima secara global. Banyaknya jenis nasi goreng menjadikan keunikan tersendiri. Sebab, mendorong rasa keingintahuan untuk mencoba jenis ragam lainnya.

"Sesuatu yang banyak ragamnya akan unik karena membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba ragam lainnya," jelasnya. Dwi mengatakan, nasi goreng juga menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mengolah nasi sisa menjadi makanan bercita rasa.

"Masyarakat yang punya masalah dengan stok nasi yang sering tidak habis dan menjadi sesuatu yang tersisa maka nasi goreng ini jadi jawaban mengolah nasi agar tidak terjadi food waste," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Pelatihan, Pendidikan, dan Penelitian  Indonesian Gastronomy Community, Endang Suraningsih menyampaikan, buku Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia merupakan buku yang menarik dengan penulis lintas generasi dan lintas profesi.

Buku ini direkomendasikan untuk dimiliki para pecinta nasi goreng.Ia juga memberikan masukan untuk memajukan kuliner nusantara khususnya nasi goreng.

Ia menilai perlunya roadmap kuliner dengan konsep yang jelas untuk menjawab tantangan menjadikan nasi goreng Indonesia dengan cita rasa mendunia yang dikenal dan dicintai masyarakat dunia.

"Nasi goreng ini makanan yang adaptif dan bisa menyesuaikan di mana berada sehingga dapat dikembangkan dengan mudah. Namun begitu, pengembangannya tetap harus menjunjung tinggi jati dirinya sebagai makanan khas Indonesia," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES