Pendidikan

76 Orang Warga Universitas Jember Postif Covid-19 di Bulan Juli 2021

Jumat, 16 Juli 2021 - 22:11 | 23.77k
Rektor Universitas Jember Iwan Taruna. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Rektor Universitas Jember Iwan Taruna. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebanyak 76 orang warga Universitas Jember (Unej) dinyatakan positif Covid-19. Data ini diungkapkan oleh Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 (TTDKBC) Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP.RE. (K) menanggapi beberapa pemberitaan terkait angka penderita Covid-19 di Kampus Tegalboto, Jumat (16/7/2021). 

Menurut dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP.RE. (K), angka penderita sebanyak 76 orang tadi berasal dari hasil tracing dan testing terhadap 144 orang suspect atau mereka yang dicurigai sebelumnya telah melakukan kontak erat dengan penderita Covid-19. 

Menurut dokter yang juga ketua UNEJ Medical Unit (UMC) ini, pihaknya sudah memiliki Standar Prosedur Operasi (SOP) dalam melakukan tracing dan testing saat menerima laporan adanya penderita Covid-19 di kampus. 

“Jika ada warga Universitas Jember yang menderita Covid-19, maka akan kami telusuri telah melakukan kontak erat dengan siapa saja, nah mereka yang kontak erat ini dikategorikan sebagai suspect. Para suspect ini kemudian kami minta melakukan tes PCR untuk mengetahui apakah mereka positif Covid-19 atau tidak,” jelasnya.

Khusus untuk bulan Juli 2021, TTDKBC Universitas Jember telah melakukan tracing dan testing kepada 144 orang suspect dengan hasil 76 di antaranya positif Covid-19. 

“Jadi bukan 220 orang yang positif Covid-19,” tegas dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP.RE. (K) menanggapi kesimpangsiuran informasi yang ada.

Dokter spesialis bedah plastik ini menambahkan, di bulan Juni dan Juli 2021 ini warga Universitas Jember yang positif Covid-19 mengalami peningkatan seiring angka penderita Covid-19 yang meningkat secara nasional. 

Di bulan Juni 2021 TTDKBC melakukan tracing dan testing kepada 54 orang suspect dimana 27 orang dinyatakan positif Covid-19. 

Sementara di bulan Juli 2021 jumlahnya meningkat, dari 144 suspect ada 76 yang positif Covid-19.

Sementara itu, Rektor Universitas Jember Iwan Taruna mengimbau warga Universitas Jember agar tetap mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seraya tetap mengikuti kebijakan rektorat. 

“Selama pemberlakukan PPKM Darurat maka berlaku kebijakan untuk hari Senin dan Selasa semua pegawai Universitas Jember wajib Work from Home. Kesempatan ini digunakan untuk melakukan penyemprotan desinfektan dan penyinaran ultraviolet di semua ruangan. Sementara di hari kerja lainnya hanya 25 persen pegawai yang masuk kerja. Itupun hanya di unit kerja tertentu saja,” pungkas Iwan Taruna. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES