Tekno

Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto Ciptakan Alat Kontrol Suhu Vaksin Covid-19

Jumat, 16 Juli 2021 - 18:48 | 34.60k
Dosen IT Telkom Purwokerto Ciptakan Alat Kontrol Temperatur Vaksin Covid-19.(FOTO: Sutrisno/TIMES Indonesia)
Dosen IT Telkom Purwokerto Ciptakan Alat Kontrol Temperatur Vaksin Covid-19.(FOTO: Sutrisno/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Sentra Inovasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto kembali menciptakan sebuah inovasi produk berupa alat Monitoring Temperatur vaksin Covid-19.

Sesuai namanya, alat ini memiliki kegunaan untuk memonitoring suhu vaksin pada chiller tempat penyimpanan. Alat tersebut akan mencatat data perubahan suhu dan memastikan agar suhu di tempat penyimpanan berada pada kisaran 2-8 derajat Celcius.

Alat monitoring temperatur dilengkapi dengan teknologi berbasis LoRaWAN agar dapat melakukan transmisi data ke server. Dengan ini apabila suhu tempat penyimpanan vaksin berubah tidak sesuai dengan nilai idealnya, maka alat akan memberikan alert yang terkirim melalui aplikasi smartphone.

IT-Telkom-Purwokerto-Ciptakan-Alat-Kontrol-Temperatur-Vaksin-Covid-2.jpg

Sigit Pramono, ST, MT selaku dosen prodi Teknik Telekomunikasi ITTP bersama dengan 3 mahasiswanya Chandra Maulana, Wahyu Junianto dan Febry Ardiansyah adalah sosok yang berada dibalik terciptanya alat tersebut.

Ide awalnya muncul saat melihat adanya alat pendingin yang selama ini digunakan untuk menjaga vaksin hanya bekerja secara offline, yang apabila terjadi perubahan suhu ke arah tidak normal, petugas tidak dapat mendeteksi secara real time dan akhirnya terlambat menanganinya.

Dari sinilah kemudian tim ini tergugah untuk membuat sebuah alat monitoring secara online yang akan memudahkan pengawasannya, sehingga kualitas vaksin tetap terjaga.

"Kami sebagai akademisi mungkin tidak bisa membantu secara langsung dalam penanganan pandemi Covid-19. Namun kami mencoba ikut berperan sesuai dengan kompetensi kami dengan membuat alat ini. Mudah-mudahan dapat membantu, khususnya dalam hal distribusi vaksin yang memang sedang digencarkan saat ini," tutur Sigit  kepada TIMES Indonesia, Jumat (16/7/2021) siang.

Sigit juga mengatakan bahwa alat monitoring temperatur vaksin ini juga sudah dikerjasamakan dengan Telkom DXB IoT. Sebanyak 20 unit alat telah berhasil diselesaikan dan didistribusikan pada tahun ini.

Ke depan, tim Inovasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto ini berharap agar dapat mengembangkan alat tersebut dari segi kualitas dan kapasitas, serta kegunaan yang nantinya bukan hanya untuk vaksin Covid-19 saja, tetapi dapat juga untuk semua jenis vaksin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES