Pemerintahan

Menengok Posko Layanan Covid-19 di Gresik, Pasien Isoman Bisa Konsul Dokter Gratis

Jumat, 16 Juli 2021 - 18:23 | 40.81k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan bantuan logistik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan bantuan logistik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pemerintah daerah kembali memudahkan layanan penanganan Covid-19. Kali ini, warga Kabupaten Gresik yang menjalani isoman (isolasi mandiri) bisa mendapatkan fasilitas mulai vitamin hingga konsultasi dokter gratis via telepon hingga logistik sembako.

Ada lima posko darurat yang disiagakan di seluruh wilayah. Di posko itu disiagakan ambulans, serta call center yang bisa dihubungi oleh pasien isolasi mandiri.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, dirinya menggandeng IDI Gresik. Bahkan sudah menyiapkan 13 orang dokter yang akan memberikan konsultasi gratis via telpon.

"Kami akan koordinasi lebih jauh dengan pihak IDI, nanti nomer hotlinenya akan kami berikan kemasing-masing posko agar bisa diketahui masyarakat,” kata Yani, Jumat (16/7/2021).

Alur-layanan-darurat-Covid.jpgAlur layanan darurat Covid-19 (FOTO: Diskominfo Gresik for TIMES Indonesia)

Tentang posko ini, sebetulnya berawal dari rasa keprihatinam pemerintah dari Lembaga Amil Zakat masing-masing Baznas Gresik, LazisNu, LazisMu, YDSF, Nurul Hayat, Yatim Mandiri, ACT dan BMH.

"Keadaan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid dimasa PPKM darurat. Lalu kami realisasikan dengan berkoordinasi untuk saling mendukung untuk mendirikan posko," ucapnya.

Untuk memperkuat mobilitas posko, Bupati juga telah mengubah 3 mobil dinas untuk dijadikan ambulan. Gus Yani juga merekrut 3 relawan yaitu relawan sosial, tenaga kesehatan dan pemulasaran jenazah. 

Tujuannya untuk memerkuat Rumah Sakit rujukan, Puskesmas dan Rumah Sakit lapangan di Gelora Joko Samudro (Gejos).

"InsyaAllah Senin sudah bisa kita salurkan ke Rumah Sakit Rujukan. Selain itu, kami juga akan melatih cara-cara evakuasi kepada satgas desa,” tambah Gus Yani.  

Bupati meminta agar mereka tetap turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dengan melarang berbagai kegiatan yang mengundang kerumunan, termasuk acara makan-makan bersama.  

Sementara koordinator posko, Zainal Abidin dalam keterangannya bahwa Posko dan team sudah siap. Saat ini logistik yang sudah siapkan diposko yaitu 6.100 paket sembako dan 4.000 paket obat-obatan.

"Kami selaku koordinator posko juga menerima donasi dari para derwawan untuk mendukung kegiatan Posko ini. Untuk sementara kami sudah menerima bantuan dari DMI Gresik dan Ikapete Gresik," ujarnya.

Untuk pelayanan semua Posko PPKM darurat covid-19, Zainal mengungkapkan bahwa pihaknya tetap selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid, kepala desa dan camat di wilayah Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES