Ekonomi

Kopra Banyuasin Bisa Jadi Andalan Ekonomi UMKM Sumsel

Jumat, 16 Juli 2021 - 15:58 | 59.35k
Oven alat pengering Kopra Kelapa di Banyuasin Bantuan Pemprov Sumsel (Foto : IG Humas Pemprov Sumsel)
Oven alat pengering Kopra Kelapa di Banyuasin Bantuan Pemprov Sumsel (Foto : IG Humas Pemprov Sumsel)

TIMESINDONESIA, BANYUASINKabupaten Banyuasin terus mengokohkan diri sebagai penghasil kopra di Indonesia. Ini merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang bisa jadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di masa pandemi saat ini.

Untuk meningkatkan produksi Kopra, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan berupa alat  oven pengering produk turunan buah kelapa yang disebut kopra untuk IKM di Kabupaten Banyuasin.

"Langkah ini kita lakukan untuk meningkatkan daya saing untuk para pelaku IKM di Sumsel ini," kata Gubernur Sumsel Herman Deru dalam keterangan persnya, Jumat (16/7/2021) terkait pemberian bantuan bagi IKM di Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

HD menjelaskan pihaknya melirik sektor produksi kopra. Sebab produksi kopra dinilai juga sangat menjanjikan.

"Untuk itu, dengan adanya bantuan berupa oven pengering kopra bagi IKM kopra di Kabupaten Banyuasin ini dapat meningkatkan kualitas dan produksi,"ungkap Politisi Nasdem ini.

Kopra a

Dia menuturkan, oven pengering tersebut dapat meningkatkan kapasitas produksi kopra secara maksimal.

"Alat ini akan memaksimalkan produksi. Pengeringan buah kelapa akan lebih cepat dari sebelumnya. Jika biasanya pengeringan dilakukan dalam waktu 3 hari sampai 8 hari, dengan alat ini pengeringan dapat dilakukan hanya dalam kurun waktu 24 jam," terang Mantan Bupati OKU Timur ini.

Dengan demikian pihaknya berharap akan mendongkrak permintaan eksportir terhadap kopra Sumsel. Buah kelapa ini menjadi salah satu andalan kita. Hampir tidak ada yang tersisa dari buah kelapa ini.

"Tentu ini akan mendorong produksi kopra di Sumsel. Apalagi ini didukung oleh luas lahan kelapa yang menurut data terakhir sebesar 50 hektar. Ini menjadi pilot project pengering kopra di Sumsel," ujar Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel ini.

Sementara itu, Bupati Banyuasin H Askolani Jasi meyakini, bantuan yang diberikan Gubernur Herman Deru melalui Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel tersebut akan berdampak baik bagi pertumbuhan IKM di  Kabupaten Banyuasin.

"Bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat besar bagi IKM di Kabupaten Banyuasin. Alat-alat yang diberikan ini akan memberikan edukasi dan wawasan kepada para IKM," katanya.

Apalagi Politisi PDI Perjuangan Banyuasin ini menyebut, Banyuasin sendiri merupakan salah satu kabupaten terbesar penghasil buah kelapa di Sumsel.

"Alat ini memang sangat cocok diberikan kepada Kabupaten Banyuasin karena memang Banyuasin ini merupakan penghasil kelapa terbesar di Sumsel dan merupakan salah satu penghasil karet," terangnya terkait potensi kopra di wilayah setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES