Pemerintahan

Kementerian PUPR RI Targetkan Bendungan Way Apu di Maluku Selesai Agustus 2023

Jumat, 16 Juli 2021 - 13:58 | 104.51k
Pembangunan bendungan Way Apu sebagai bendungan multifungsi di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku ditargetkan selesai Agustus 2023. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Pembangunan bendungan Way Apu sebagai bendungan multifungsi di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku ditargetkan selesai Agustus 2023. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) melaui Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Ditjen Sumber Daya Air terus membangun bendungan diberbagai wilayah. Salah satunya adalah Bendungan Way Apu sebagai bendungan multifungsi di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Bendungan berkapasitas tampung 50,05 juta m3 ditargetkan selesai Agustus 2023.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan. Di samping itu kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Kementerian PUPR RI B

“Pembangunan bendungan akan diikuti dengan ketersediaan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri Basuki.

Bendungan Way Apu dibangun dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,08 triliun tersebut terbagi menjadi 2 (dua) paket, yakni paket 1 berupa konstruksi bendungan utama senilai Rp 1,07 triliun oleh PT Pembangunan Perumahan – Adhi Karya KSO progresnya mencapai 24,4 %. Pekerjaan paket 2 berupa konstruksi bendungan pelimpah (spillway) senilai Rp 1,013 triliun oleh PT Hutama Karya – Jakon KSO progresnya mencapai 25,5 % .Sedangkan supervisi pembangunan bendungan senilai Rp 76 miliar oleh PT Indra Karya.

Kementerian PUPR RI C

Bendungan Way Apu membendung Sungai Way Apu dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 422,08 hektar merupakan tipe zonal urugan inti tegak dengan tinggi mencapai 72 meter, lebar puncak 12 meter, panjang puncak 490 meter, dan luas daerah genangan mencapai 235,10 hektar.

Apabila sudah beroperasi, Bendungan Way Apu diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar antara lain tersedianya air irigasi seluas 10.000 hektar, tersedianya air baku dengan debit 0,5 m3/detik, mereduksi banjir sebesar 557 m3/detik, dan sebagai tempat pariwisata baru yang akan menumbuhkan perekonomian daerah. 

Kementerian PUPR RI d

Selain itu, Bendungan Way Apu yang terletak di dua kecamatan Kabupaten Buru Provinsi Maluku, yaitu di Desa Wapsalit Kecamatan Lolong Guba dan Desa Wea Flan Kecamatan Wae Lata dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik sebesar 8 megawatt yang mampu menerangi kurang lebih 8.750 rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES