Kesehatan

4 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan yang Wajib Kalian Tahu

Jumat, 16 Juli 2021 - 08:36 | 69.09k
Ilustrasi - Air tebu (Foto: alodokter)
Ilustrasi - Air tebu (Foto: alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAir tebu adalah salah satu jenis minuman yang didapat dari perasan batang tebu. Memang sudah kita ketahui bahwa air tebu sendiri sangatlah nikmat dan menyegarkan, namun mungkin masih banyak dari kalian yang tidak tahu dari manfaat air tebu.

Air tebu sendiri diolah dengan cara yang sederhana, sehingga hal ini yang menyebabkan kandungan nutrisi di dalam air tebu tetap terjaga secara alami dan baik. Nah, melansir dari berbagai sumber, kali ini TIMES Indonesia ingin berbagi 4 manfaat air tebu yang wajib kalian tahu untuk kesehatan kalian.

1. Meningkatkan energi

Air tebu juga merupakan sumber gula dan karbohidrat terbaik. Air tebu mengandung gula alami sukrosa dan fruktosa yang dapat menghasilkan energi bagi tubuh kita.

Hal ini menyebabkan keseharian anda lebih bersemangat dan beraktivitas. Selain itu, air tebu juga dapat mencegah dehidrasi.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Bukan hanya meningkatkan energi saja, air tebu ternyata dapat menjaga fungsi ginjal yang ada di tubuh kita. Air tebu sendiri dapat menjaga ginjal untuk tetap sehat serta berfungsi dengan baik, karena air tebu bersifat diuretik.

Hal ini yang dapat melancarkan untuk buang air kecil dan membantu dalam mencegah infeksi saluran kemih.

3. Menjaga kesehatan hati

Selain menjaga ginjal, ternyata air tebu juga dapat menjaga kesehatan hati kita. Nyatanya di beberapa negara seperti India, air tebu sudah lama digunakan untuk obat tradisional yang dapat menyembuhkan gangguan fungsi hati.

Selain itu, ada penelitian yang menyatakan bahwa air tebu bisa mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan dalam jangka panjang. Seperti salah satu contohnya ialah pengobatan tuberkulosis.

4. Menangkal efek radikal bebas

Air tebu merupakan salah satu minuman yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan sendiri diketahui dapat melindungi sel-sel tubuh kita dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu penyakit seperti kanker.

Namun, perlu diingat juga bahwa kalian jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi air tebu karena air tebu sendiri mengandung banyak gula.

Nah, barusan adalah 4 manfaat dari air tebu untuk kesehatan tubuh kita yang wajib kalian ketahui, agar hidup kita sama-sama sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES