Olahraga Olimpiade Tokyo 2020

Ini Target Lifter Eko Yuli Irawan di Olimpiade Tokyo 2020

Kamis, 15 Juli 2021 - 11:44 | 78.35k
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan saat mengikuti kegiatan latihan khusus di Jakarta (foto: Instagram/Ekopower)
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan saat mengikuti kegiatan latihan khusus di Jakarta (foto: Instagram/Ekopower)
FOKUS

Olimpiade Tokyo 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTALifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan memiliki motivasi besar di Olimpiade Tokyo 2020.

Eko Yuli ingin menjadi atlet Indonesia pertama yang membawa pulang medali dalam empat gelaran Olimpiade secara beruntun.

Eko Yuli adalah salah satu atlet yang menyelamatkan muka Indonesia di Olimpiade London 2012 usai meraih medali perunggu di kelas 62kg. Total, Eko Yuli meraih dua perunggu dan satu perak dari olimpiade. Dua perunggu itu diraih pada Olimpiade 2008 dan 2012. Sedangkan 1 perak diraih saat Olimpiade 2016.

"Motivasi saya sekarang cukup tinggi buat dapat emas, buat melengkapi koleksi medali di Olimpiade sekaligus atlet pertama yang tampil dan dapat medali di empat Olimpiade berturut-turut," kata Eko Yuli di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Olimpiade Tokyo 2

Eko Yuli mengakui untuk bisa mencapai kondisi prima jelang Olimpiade  tidak mudah. Dia harus berlatih dengan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dia menyadari banyak keterbatasan, namun semua harus dijalani dengan serius dan tetap optimis akan membawa pulang medali emas. Dia akan memaksimalkan momen terakhir ini tampil dengan performa terbaik.

"Apapun kendalanya, saya jalani saja apa adanya secara maksimal dan berusaha untuk mendapatkan emas. Mau nunggu kapan lagi untuk memperjuangkan, saya harus berpikir ini terakhir ikut di Olimpiade, jadi kesempatan terakhir," imbuhnya.

Olimpiade Tokyo 3

Dia menyadari, ini akan menjadi penampilan terakhir di Olimpiade. Pasalnya umurnya sudah tidak memungkinkan lagi untuk tampil di Olimpiade 2024. Dia menyadari harus ada regenerasi dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Eko Yuli lahir pada 24 Juli 1989, dan usianya saat ini 31 tahun.

"Ke Olimpiade 2024 lihat lagi nanti, masih sanggup apa enggak, tapi tahun ini dari segi usia, kondisi tubuh bisa dimaksimalkan sekarang. Mentalnya juga bagaimana, semoga saya bisa jadi atlet paling lengkap medalinya di Olimpiade. Mudah-mudahan sesuai harapan," kata Eko Yuli Irawan, lifter andalan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia mengirimkan lima lifter, yakni Eko Yuli Irawan (61 kg putra), Deni (67 kg putra), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg putra), Windi Cantika Aisah (49 kg putri), Nurul Akmal (87 kg putri). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES