Kesehatan

4 Makanan yang Baik Dikonsumsi Bagi yang Suka Begadang

Jumat, 16 Juli 2021 - 01:07 | 338.31k
Gandum salah satu makanan yang dianjurkan setelah begadang. (Foto: Pinterest)
Gandum salah satu makanan yang dianjurkan setelah begadang. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTABegadang atau tidak tidur sampai larut malam bukanlah kebiasaan yang bagus dan harus segera diubah. Beberapa orang dengan kebiasaan begadang biasanya akan memiliki respon otak yang cenderung lamban, tubuh kelelahan, rentan sakit, sampai hilangnya nafsu makan.

Begadang bisa terjadi karena mengerjakan suatu aktivitas atau karena usia yang memunculkan perbedaan waktu jam tidur yang dibutuhkan oleh seseorang. Saat ini, seseorang akan dikatakan normal jika memiliki durasi tidur 8-9 jam dalam sehari.

Tidur cukup merupakan hal yang sama pentingnya dengan makan. Saat tidur, kita akan merasakan hormon kortisol yang sedang berusaha memberikan intruksi kepada tubuh untuk segera beristirahat. 

Terlepas dari kebiasaan begadang, ini ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi oran yang kurang jam tidur.

1. Telur

telur.jpgFOTO: Shutterstock

Telur merupakan makanan yang disarankan ketika seseorang sehabis begadang. Telur memiliki kandungan EPA dan DHA yang tinggi sehingga seseorang setelah begadang tidak akan kelelahan. Selain itu, telur juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan tetap stabil. 

2. Gandum

Gandum-2.jpgFOTO: Frolova_Elena/Shutterstock

Gandum yang dimaksud dapat berupa roti gandum dan juga oatmeal. Alasan memilih gandum adalah karena ia dapat berfungsi sebagai penambah energi karena mengandung karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung memiliki fungsi untuk mencegah kadar glukosa dalam darah. 

3. Susu

susu.jpgFOTO: Shutterstock

Selain makanan juga ada minuman yang disarankan untuk seseorang yang habis begadang yaitu susu. Hal ini karena susu memiliki kandungan tryphotan serta asam amino yang akan membuat otak menjadi lebih rileks. Selain itu, susu juga termasuk mudah untuk dicari untuk dikonsumsi setelah begadang. 

4. Pisang

pisang.jpgFOTO: iStockphoto

Buah pisang seringkali menjadi makanan pengganjal yang ampuh bagi siapapun. Tidak hanya ketika sedang habis begadang, melainkan dalam waktu-waktu tertentu juga karena pisang lebih praktis, sehat serta mudah didapatkan. Maka tidak heran juga ketika ada seseorang yang mengonsumsinya dipagi hari sebagai menu sarapan. 

Inilah empat menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah begadang. Setelah begadang tubuh akan cenderung mudah lelah, tidah segar, ataupun mengalami gangguan lainnya. Maka disini telah dirangkum beberapa contoh makanan yang praktis dan termasuk cukup mudah didapat bagi orang yang memiliki kebiasaan begadang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES