Peristiwa Internasional Vaksin Covid-19

Thailand Campur Vaksin Sinovac dengan AstraZeneca untuk Tingkatkan Proteksi

Rabu, 14 Juli 2021 - 09:26 | 60.51k
Ilustrasi vaksin Covid-19. (dok/TI)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (dok/TI)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kesehatan Thailand berencana memadukan vaksin Sinovac dengan vaksin AstraZeneca untuk disuntikkan kepada para tenaga kesehatan. Ini dilakukan untuk meningkatkan proteksi dari Covid-19.

Dikutip dari BBC, keputusan ini dibuat setelah ratusan tenaga kesehatan tertular Covid-19 meskipun sudah mendapat dosis penuh vaksin Sinovac.

Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul mengatakan, warga Thailand sekarang akan mendapat vaksin AstraZeneca setelah dosis pertama Sinovac. "Jarak pemberian kedua vaksin itu sekitar tiga hingga empat pekan," lanjutnya seperti dikutip stasiun televisi Channel News Asia (12/7/2021).

Para tenaga kesehatan yang sudah mendapat dua kali vaksin Sinovac juga akan disuntik dosis ketiga vaksin lain (vaksin AstraZeneca, atau vaksin mRNA seperti Pfizer/BioNTech) sebagai booster. Dosis ketiga akan diberikan tiga sampai empat minggu setelah mereka mendapatkan dosis kedua Sinovac.

Kementerian kesehatan Thailand yakin kombinasi dua vaksin Covid itu akan meningkatkan kekebalan kolektif atas virus corona, terutama varian Delta yang sangat menular, yang kali pertama dideteksi di India.

"Ini diyakini akan memberi perlindungan lebih baik terhadap varian Delta karena kekebalan akan meningkat dengan cepat, mendekati level yang diberikan oleh dua dosis vaksin AstraZeneca. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas dengan cara seperti ini akan lebih singkat," kata Dr Opas Kankawinpong, direktur jenderal dari Departemen Pengedalian Penyakit, seperti yang dikutip Channel News Asia. (*)

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES