Pendidikan

5 Media Pembelajaran Seru untuk Tingkatkan Atensi Siswa di Kelas

Selasa, 13 Juli 2021 - 17:48 | 122.89k
Ilustrasi Jenis Media Pembelajaran (sumber: unsplash)
Ilustrasi Jenis Media Pembelajaran (sumber: unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ingin mencoba media pembelajaran seru untuk menyambut semester baru nanti? Wacana sekolah tatap muka yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru nanti, membuat guru harus mempersiapkan diri. Untuk menyambut siswa kembali ke sekolah, tak ada salahnya untuk mencoba media pembelajaran baru yang seru dan menarik yang dapat meningkatkan atensi siswa di kelas. Apa saja media pembelajara yang bisa digunakan? Simak berikut ini.

1. Permainan tradisional

Dengan bermain permainan tradisional, saat belajar di sekolah bisa lebih menyenangkan sehingga materi yang diajarkan oleh guru akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Permainan tradisional yang biasanya dimainkan bersama-sama ini juga akan membuat para siswa bisa melatih kemampuan kerja samanya.  Ada beberapa permainan tradisional yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. 

Contoh pertama adalah congklak. Congklak bisa diterapkan di mata pelajaran matematika. Guru bisa mengajarkan konsep dasar Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan permainan ini. Cukup siapkan congklak lalu beri nomor untuk setiap lubang pada dakon. Siapkan biji-bijian yang terdiri dari dua warna, misalnya merah dan biru. Nah, sebelum mulai bermain, berikan permasalahan untuk nantinya dijawab oleh para siswa, misalnya mencari KPK dari angka 2 dan 3.

Contoh kedua adalah petak umpet untuk media belajar materi bahasa Inggris. Seorang siswa yang berjaga diharuskan menghitung menggunakan bahasa Inggris yang dipelajari di kelas. Bisa juga siswa yang berjaga harus menyebutkan nama teman-temannya yang bersembunyi dengan istilah-istilah yang sedang dipelajari dalam materi bahasa Inggris. Seru kan?

2. Snowball Throwing

Snowball yang dimaksud di sini bukan bola salju betulan ya. Dilansir dari ruangguru.com, Snowball Throwing adalah pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan untuk membuat serta menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. 

Untuk menerapkan media belajar yang satu ini sangat seru dan mudah lho. Berikut tahapannya:
    Sampaikan materi pelajaran
    Membentuk kelompok 4- 5 orang
    Ketua kelompok menjelaskan ulang materi yang sudah disampaikan
    Siswa diberikan secarik kertas dan menulis pertanyaan terkait materi yang disampaikan
    Kertas dibentuk menjadi seperti bola salju
    Kerta yang sudah dibentuk seperti bola salju kemudian dilempar ke anggota kelompok lain
    Setelah 5-10 menit, siswa diminta untuk mengambil bola yang berada di dekatnya
    Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada di bola tersebut

3. Menghafal unsur kimia dengan lagu

Menghafal tabel periodik unsur yang dipenuhi dengan huruf dan angka tentu tidak mudah. Hal ini kadang membuat siswa keburu malas dan jenuh. Untuk menyiasatinya, salah seorang guru di luar negeri membuat jembatan keledai untuk mempermudah siswanya menghafal. Ia menggunakan lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga untuk menyusun tabel periodik unsur. 

Bagi para guru kimia di Indonesia, bisa juga lho mencoba media pembelajaran dengan lagu ini. Dengan begitu, kecintaan siswa pada pelajaran kimia pun akan meningkat dan mengubah pandangan pelajaran yang serius atau sulit menjadi lebih seru.

4. Film

Banyak pelajaran yang bisa dijelaskan melalui film, seperti proses terjadi suatu kejadian, sejarah, mengajarkan keterampilan, keistimewaan orang besar, dan sebagainya. Film juga bisa bermanfaat untuk mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa. Tak hanya itu, film akan menambah daya ingat pada pelajaran, mengembangkan daya fantasi siswa dan menumbuhkan minat serta motivasi belajar.

5. Meme

Meme merupakan gambar lucu dengan teks yang biasanya banyak tersebar di media sosial. Siswa yang sudah terbiasa dengan media sosial pasti tahu apa itu meme. Meme banyak digemari sebagai hiburan karena gambar dan kata-katanya yang bisa membuat tertawa. Nah, Guru juga bisa memanfaatkan meme ini untuk mengajar. Contohnya, ada seorang guru yang menjelaskan sifat-sifat cairan menggunakan meme kucing bertuliskan, “Cats are liquids. Liquids take the shape of the container while maintaining a constant volume. That’s why cats are liquids.” Lucu ya?

Nah, media pembelajaran mana yang menurut Anda paling seru dan kreatif? Ingin mencari ide-ide kreatif lainnya? Guru juga bisa meningkatkan keterampilan dan pengembangan karier dengan mengikuti pelatihan di Gurubinar.id

Di Guru Binar, guru-guru bisa mengikuti banyak webinar yang bisa membuka wawasan media pembelajaran mulai dari virtual reality sampai dengan permainan daring.

Guru Binar merupakan platform yang bertujuan untuk pengembangan karier guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme. Guru bisa mengikuti berbagai kelas daring untuk meningkatkan kompetensi mengajar di kelas, mengikuti berbagai sesi webinar, materi inovasi belajar, menjadi master trainer dan ambasador untuk guru lainnya. Abanyak pilihan kelas atau webinar yang dapat meningkatkan kompetensi para Guru dengan harga yang terjangkau. Ayo, coba sekarang!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES