Pendidikan

Ada 53 Slot Beasiswa KIP Kuliah di Uniga Malang, Simak Cara Daftarnya

Selasa, 13 Juli 2021 - 16:32 | 298.31k
Universitas Gajayana Malang atau Uniga Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Universitas Gajayana Malang atau Uniga Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Gajayana Malang (Uniga Malang) membuka beasiswa untuk masyarakat umum di Indonesia. Bagi pelajar yang memenuhi syarat dan beruntung, bisa mendapatkan beasiswa KIP Kuliah dari Kemendikbud Ristek RI.

Rektor Uniga Malang Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE, MM menjelaskan beasiswa ini telah dibuka hingga 26 Juli 2021. Beasiswa ini dikhususkan untuk program sarjana atau S1.

"Kuotanya ada 53 ya untuk S1 saja. Tes tulis tanggal 27 Juli 2021 dan tes wawancara tanggal 28 Juli 2021. Pengumumannya nanti 29 Juli 2021," tutur Prof Dyah kepada TIMES Indonesia, Selasa (13/7/2021).

Ia menjelaskan bahwa pemberian beasiswa seperti ini dilakukan supaya mendorong semangat belajar masyarakat muda Indonesia untuk meraih cita-cita.

Universitas Gajayana Malang b

Pihaknya berharap tidak ada masyarakat yang putus sekolah dan kuliah karena persoalan biaya. Pemerintah dan kampus terus berupaya memberikan bantuan baik berupa beasiswa penuh maupun keringanan pembayaran.

"Jangan sampai tidak kuliah karena biaya. Maka lewat beasiswa ini kami peduli untuk pendidikan," tegasnya.

Dilansir dari laman Kemendikbud, beberapa keunggulan KIP Kuliah adalah jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020.

Selain itu, penerima beasiswa akan mendapatkan banyak akses. Ditambah lagi sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.

KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Cara mendapatkan beasiswa KIP Kuliah di Uniga Malang adalah siswa lulusan 2019, 2020, dan 2021 bisa mendaftar secara mandiri di laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id. Lalu, pilih Universitas Gajayana pada pilihan PTS Mandiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES