Pendidikan

Kreativitas MTsN 6 Malang Saat PPKM Darurat, Gandeng Ojek Online Gelar Matsama

Senin, 12 Juli 2021 - 17:33 | 86.43k
Siswa baru MTsN 6 Malang ketika mendapatkan buku dari program Matsama yang dikirim melalui ojek online. (Foto: MTsN 6 Malang for TIMES Indonesia)
Siswa baru MTsN 6 Malang ketika mendapatkan buku dari program Matsama yang dikirim melalui ojek online. (Foto: MTsN 6 Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, tidak menghalangi MTsN 6 Malang untuk terus berkreasi serta berinovasi.

Terbaru, lembaga pendidikan yang terletak di Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Matsama.

MTsN 6 Malang 2Para peserta didik baru MTsN 6 Malang tampak gembira ketika mendapatkan buku dari program Matsama yang dikirim melalui ojek online. (Foto: MTsN 6 Malang for TIMES Indonesia)

Ini untuk mendukung program Matsama dan back to school di tengah PPKM, MTsN 6 Malang menggandeng jasa ojek online dalam mengirim bahan belajar (buku) dan peralatan sekolah kepada siswa kelas 7 yang membutuhkan.

Sedangkan sasarannya, siswa yatim, piatu, maupun siswa kurang mampu. Bantuan tersebut dikirim ke beberapa dusun diantara dusun Sawunggaling, Glanggang Pakisaji, Karangrejo Tajinan, Sambigedhe, Blimbing, Sukonolo, Ngebruk, Karang duren, Tamanayu, dan Boro.

Kepala MTsN 6 Malang Sutirjo mengatakan, Matsama merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari.

"Matsama kali ini digelar dalam kondisi darurat, terbatas. Namun, ini tdk boleh menghentikan langkah kita untuk memberi layanan terbaik kepada seluruh peserta didik," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Senin (12/7/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, pembukaan Matsama pada hari ini dengan memanfaatkan channel berbagi video (youtube), diikuti seluruh peserta didik kelas 7 didampingi orang tua.

MTsN 6 Malang 3

"Setelahnya, siswa diajak untuk mengikuti rangkaian kegiatan secara daring melalui video2 interaktif yang sudah disiapkan panitia.

Hal ini bertujuan memberikan layanan belajar berbasis digital namun tetap fun," jelasnya.

Menurutnya, materi yang disampaikan sangat beragam. Sebagai madrasah riset, panitia Matsama MTsN 6 Malang juga telah menyiapkan materi khusus untuk mendukung pengembangan dan pengenalan sekolah.

"Siswa diajak untuk melakukan riset sederhana di rumah dibimbing oleh guru melalui video. Hasil dari riset yang dilakukan siswa dikirimkan baik berupa foto maupun video," kata Sutirjo

Tidak berhenti disitu saja, kata dia, dalam mendukung Matsama di tengah PPKM Darurat ini, MTsN 6 Malang juga memberikan pinjaman HP kepada siswa yang tidak memiliki HP agar tetap dapat mengikuti Matsama dan pembelajaran secara daring.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES