Ekonomi

Hari Koperasi Nasional Ke-74, Aria Bima: Koperasi Partisipatif Seperti Spirit Bung Hatta

Senin, 12 Juli 2021 - 15:28 | 32.02k
Anggota DPR RI, Aria Bima saat membuka perayaan Hari Koperasi Nasional ke-74 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (12/7/2021). (FOTO: Tangkapan Layar)
Anggota DPR RI, Aria Bima saat membuka perayaan Hari Koperasi Nasional ke-74 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (12/7/2021). (FOTO: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota DPR RI, Aria Bima mengatakan meski masih diselimuti oleh Pandemi Covid-19, semangat koperasi sebagai pioneer penggerak ekonomi bangsa harus tetap berjalan.

Aria Bima saat membuka kegiatan Hari Koperasi Nasional ke-74 secara virtual juga menegaskan, kemajuan teknologi dalam hal digitalisasi koperasi memang perlu diberikan kepada seluruh penggiat koperasi untuk bisa secepatnya digulirkan.

Koperasi yang diartikan sebagai kebersamaan secara kekeluargaan, kata Bima, harus tetap sesuai dengan spirit dari Bung Hatta sebagai bapak Koperasi bangsa.

"Ini bukan lagi jamannya Koperasi KUD (Koperasi Unit Desa). Tapi yang lebih pertisipatif. Koperasi yang seperti spirit Bung Hatta, lahir bersama satu pertalian batin untuk menjaga bersama-sama," ujar Bima, Senin (12/7/2021).

Terlebih, kata Bima, pembangunan koperasi dalam perkembangannya di Indonesia juga masih mengalami banyak kendala. Apalagi, dari informasi Kementerian Koperasi, penurunan penjualan produk koperasi saat ini turun sekitar 35 sampai 40 persen dan dari produksi terhambat sekitar 8 sampai 10 persen di masa pandemi Covid-19 ini.

Maka dari itu, dirinya berharap pada Dekopin pada periode ini dapat betul-betul merumuskan soal digitalisasi koperasi yang menjadi satu peluang baru untuk mencapai tujuan koperasi sebagai penggerak ekonomi bangsa.

"Ini sangat penting, karena memberi efek perekonomian nasional dan infrastruktur hingga komunikasi yang sangat memberikan ruang bisnis koperasi untuk bisa semakin maju. Tidak hanya regional dan nasional, tapi juga 'Think' Global," ungkapnya.

Untuk itu, perlunya inovasi dan pendidikan perkoperasian di era modern ini, menggunakan spirit Bung Hatta yang harapannya bisa terselesaikan secara keseluruhan.

Bima sendiri saat ini juga juga sedang mengusahakan untuk agar Koperasi Simpan Pinjam tidak sampai mengalami keterpurukan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Bagaimana koperasi-koperasi simpang pinjam ini nantinya ada lembaganya. Sehingga jangan sampai ada koperasi tiba-tiba bangkrut. Jadi saya pikir kita harus bergerak bersama mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota untuk bersama-sama dalam membangun koperasi digital ini agar ekonomi bangsa segera teratasi," kata Aria Bima.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES