Ekonomi

Hari Koperasi Ke-74 Jadi Momen Kebangkitan Digitalisasi Koperasi Menuju Bisnis Modern

Senin, 12 Juli 2021 - 14:35 | 36.12k
Ketua Umum Dekopin,  Dr. Sri Untari Bisowarno M.AP saat memimpin perayaan Hari Koperasi Nasional ke 74 yang digelar secara virtual, Senin (12/7/2021). (FOTO: Tangkapan Layar)
Ketua Umum Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno M.AP saat memimpin perayaan Hari Koperasi Nasional ke 74 yang digelar secara virtual, Senin (12/7/2021). (FOTO: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dr. Sri Untari Bisowarno M.AP mengatakan era teknologi 4.0 adalah era kebangkitan Koperasi menuju digitalisasi dalam memasuki bisnis modern yang kuat dan bermartabat.

Hari Koperasi Nasional ke-74 yang tepat dirayakan pada Senin (12/7/2021) ini, menjadi momentum dalam menyebarluaskan semangat dan ide inovatis dalam mencapai digitalisasi koperasi.

"Ini bagian daripada ikhtiar dan upaya kita bahwa dunia saat ini sudah tidak lagi di atas kertas. Tapi dunia ini sudah ada di atas gadget (handphone), komputer dan diatas apa saja yang berbau elektronik," ujar Untari, Senin (12/7/2021).

Melalui digitalisasi, harapannya koperasi bisa menjangkau secara global agar saling berhubungan dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Sehingga apa yang sekarang kita lakukan, dengan digital koperasi ini adalah bagaimana kita berfikir gerakan koperasi penting bagi kita informasikan kepada seluruhnya (global)," ungkapnya.

Meski sebelumnya, kata Untari, Koperasi mengalami berbagai keadaan pasang surut, hal tersebut bukan berarti tidak bisa bertahan dan terus maju. Akan tetapi, seharusnya bisa dijadikan dasar atau acuan untuk semakin semangat mengikuti jaman.

"Ini semua harus menjadi tanggung jawab kita bersama-sama, karena kitalah yang berada di dalamnya (koperasi)," katanya.

Untari menyebutkan, seperti yang saat ini diketahui bahwa tenaga migran yang sudah berkoperasi hingga penambak udang sudah mulai berkoperasi, ini menjadikan mereka yang tidak bernaung dibawah Kementerian Koperasi, namun di tupoksi Kementerian lain bisa juga semakin maju dengan mengikuti jaman.

"Kita semua diberikan sesuatu yang berlimpah dan bergelimang ini untuk bisa memberikan sesuatu yang penting untuk kita bahwa dengan kemajuan teknologi harus bisa mensejahterakan masyarakat, terutama anggota-anggota kita," kata Ketum Dewan Koperasi Indonesia ini.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES