Peristiwa Internasional

Korut-Tiongkok Akan Memperkuat Kerja Sama, Kim Jong-un Bilang Begini

Minggu, 11 Juli 2021 - 16:52 | 34.37k
Presiden China, Xi Jinping bersama pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.(FOTO: North Korea Times)
Presiden China, Xi Jinping bersama pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.(FOTO: North Korea Times)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kantor berita Korea Utara, KCNA, Minggu (11/7/2021) menyebutkan, Tiongkok dan Korea Utara (Korut) akan memperkuat kerja sama mereka dan bantuan timbal balik lewat perjanjian pesahabatan antarkedua negara.

Kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping, seperti dilansir di North Korea Times, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengatakan hubungan mereka sangat penting dalam menghadapi pasukan asing yang bermusuhan.

Tiongkok adalah satu-satunya sekutu utama Korea Utara sejak keduanya menandatangani perjanjian tahun 1961, dan sanksi internasional yang dijatuhkan atas program senjata nuklir dan rudal balistik Pyongyang telah membuatnya lebih bergantung dari sebelumnya pada Beijing untuk perdagangan dan dukungan lainnya.

"Meskipun situasi internasional yang rumit yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, kepercayaan persaudaraan dan persahabatan militan antara DPRK dan Tiongkok semakin kuat dari hari ke hari," kata Kim seperti diutip KCNA dalam pesannya.

DPRK adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

"Perjanjian itu membela sosialisme dan perdamaian di Asia. Sekarang karena kekuatan musuh menjadi lebih putus asa dalam tantangan dan gerakan obstruktif mereka," kata Kim.

Presiden Tiongkok, Xi Jiping sendiri juga menyampaikan, dia berencana untuk memberikan kebahagiaan yang lebih besar kepada kedua negara dan rakyat mereka dengan memperkuat komunikasi dengan Kim Jong-un dan dengan terus memimpin hubungan persahabatan dan kerja sama dengan Korut ke tahap baru," kata KCNA lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES