Pendidikan

Unipdu Jombang Masuk Empat Kampus Terbaik PTNU Versi Webometrics

Minggu, 11 Juli 2021 - 16:09 | 89.55k
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang yang menduduki peringkat 4 kampus terbaik PTNU se-Indonesia versi Webometrics (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang yang menduduki peringkat 4 kampus terbaik PTNU se-Indonesia versi Webometrics (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – JOMBANG - Prestasi membanggakan kembali di ukir oleh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang (Unipdu Jombang). Pasalnya pada tahun 2021 ini, Kampus Insan Penuh Cinta ini menduduki peringkat empat kampus terbaik dilingkup Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) versi Webometrics.

Diketahui, Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Websitenya.

Webometrics sendiri telah mendapat pengakuan dunia, termasuk di Indonesia.

Baru-baru ini Webometrics kembali merilis daftar universitas terbaik di dunia tahun 2021.

Situs resmi Webometric setiap tahunnya melakukan rangking tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi dari 200 negara.

Pada tahun 2021 ini, Unipdu Jombang berhasil menduduki peringkat empat terbaik untuk perguruan tinggi Nahdlatul Ulama dan perguruan tinggi swasta.

Wakil Rektor Unipdu JombangKH M. Zufikar As’ad, Wakil Rektor Unipdu Jombang (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Webometrics sendiri menggunakan tiga indikator dalam menilai dan menentukan ranking universitas terbaik di dunia.

Indikator tersebut di antaranya adalah visibility atau impact, tranparency atau openness, dan excellence.

Menanggapi keberhasilan yang diperoleh Unipdu Jombang, KH M. Zufikar As’ad, Wakil Rektor Unipdu Jombang mengatakan, ini bukan menjadikan kebanggaan kampus semata.

"Tapi memang harus kami syukuri. Kami menjadikan ini sebagai pemicu dan motivator agar kami dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat sehingga lulusannya dapat bersaing, baik di tingkat regional, nasional bahkan tingkat dunia atau internasional," kata Zufikar, Minggu (11/7/2021).

Terbaik maksudnya yaitu terbaik dari segala sisi baik dari kualitas proses perkuliahannya mulai dari insfrastruktur bangunan dan fasilitasnya, tenaga pendidiknya mulai dari dosen, karyawan dan semua civitas academica yang ada.

"Kami terapkan disiplin dan taat azas di semua lini. Meskipun pembelajaran melalui daring data tetap kmai laporkan ke LL Dikti. Jadi mulai dosen dan mahasiswa tetap aktif menjalankan kewajiban dan hak masing-masing," ujarnya.

Webometrics10 daftar perguruan tinggi terbaik PTNU se-Indonesia versi Webometrics (FOTO : Instagram LPTNU Official)

Lelaki yang akrab disapa Gus Ufik ini mengungkapkan salah satu kunci konsisten Unipdu Jombang dalam mencapai prestasi ini, salah satunya tetap konsisten dalam segala pelaporan administrasi kelembagaan.

Di samping keberhasilan yang diperoleh dari Unipdu Jombang menjadi kampus terbaik ke empat, Gus Ufik menegaskan, ada yang lebih penting dari itu semua yaitu lulusan yang berkualitas yang berguna bagi negara dan agama.

"Tentu kami akan selalu berusaha berinovasi untuk meningkatkan segala aspek untuk kemajuan Unipdu Jombang dengan menjalin kerja sama berbagai pihak dalam dan luar negeri, seperti halnya berbagai Kedutaan yang ada di Indonesia. Namun, yang terpenting saat ini, lulusan Unipdu Jombang harus kompeten, berkualitas dan berguna untuk negara dan agama," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES