Olahraga

Kalahkan Brasil, Argentina Lengkapi Gelar Juara 15 Kali Copa America

Minggu, 11 Juli 2021 - 09:04 | 93.18k
Argentina Juara Copa America 2021 (FOTO: Copa America)
Argentina Juara Copa America 2021 (FOTO: Copa America)

TIMESINDONESIA, JAKAArgentina akhirnya memastikan diri menjadi juara Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah Brasil dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Pertandingan sempat berjalan dengan tempo sedang saat mengawali babak pertama. Kedua tim tampaknya masih saling meraba kekuatan satu sama lain. Pergeakan Lionel Mess seringkali tertahan di lini pertahanan Brasil demikian juga dengan Neymar yang juga tampak kesulitan melewati pertahanan Argentina.

Pertandingan-Argentina-vs-Brasil.jpgPertandingan Argentina vs Brasil (FOTO: Copa America)

Di menit 22, Argentina berhasil mengubah keadaan ketika Angel Di Maria mencetak gol untuk Argentina. Mereka memanfaatkan blunder Renan Lodi yang bertanggung jawab di sisi kiri pertahanan Brasil yang gagal mengatasi umpan lambung Rodrigo De Paul, dengan mudah Di Maria lesakkan bola ke gawang Brasil yang dijaga oleh Ederson.

Seperti ditekan tombol on, setelah kemasukan, Brasil langsung meningkatkan tempo permainan. Serangan frontal dilakukan. Peluang didapatkan oleh Basil di menit 26, tendangan Casemiro dari luar kotak penalti berhasil ditangkap kiper Argentina Emiliano Martinez.

Memanfaatkan permainan lepas setelah unggul, Argentina kembali menekan. Di Maria kembali beaksi di menit 29,  Beruntung salah satu pemain bertahan Brasil sukses memblok bola tendangan Di Maria yang deras menuju ke Ederson. Di sisa babak pertama baik Argentina dan Brasil sama-sama memiliki sejumlah peluang, namun tidak ada gol tercipta. Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga akhir babak pertama final Copa America 2021.

Meski tertinggal, Brasil mencoba membuktikan bahwa mereka belum habis. Di babak kedua mereka memainkan bola-bola pendek yang memberikan ancaman serius melalui serangan yang dibangun dengan cepat.

Neymar-dan-Lionel-Messi.jpgNeymar dan Lionel Messi (FOTO: Copa America)

Peluang berharga Brasil terjadi di menit 52, Richarlison berhasil membobol gawang Martinez. Namun sayang gol itu dianulir lantaran dianggap dalam posisi off side. Dua menit kemudian, kembali Richarlison coba berupaya menyamakan kedudukan untuk Brasil, namun tembakannya berhasil ditepis oleh Martinez.

Memasuki 10 menit terakhir babak kedua pertandingan berlangsung dengan panas. Beberapa kali pelanggaran keras dan adu argument terjadi di lapangan. Brasil terus mengurung pertahanan Argentina, di menit 87 Neymar coba membombardir Argentina lewat tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Argentina. Bola mental dan jatuh di kaki Gabriel Barbosa yang langsung melepaskan tembakan keras, namun bola masih di blok oleh Martinez.

Beberapa menit kemudian Argentina lewat serangan balik cepat coba menambah keungggulan. Lionel Messi yang sudah berhadap-hadapan dengan Ederson harus terpeleset hingga membuang peluang.

Skor 1-0  atas Brasil bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan sekaligus memastikan Argentina menjadi juara Copa America 2021. Gelar ini merupakan gelar ke 15 yang diraih oleh Argentina. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES